Pegiat Olahraga Katinting Bentuk Pengprov Katinting Kalteng

Whatsapp Image 2023 10 28 At 5.25.52 Pm
Foto bersama para pegiat olahraga Katinting di Kalimantan Tengah saat berkumpul dan membentuk Pengprov Induk Olahraga Katinting Kalimantan Tengah

BALANGANEWS, PALANGKA RAYA – Para pegiat katinting di Kalimantan Tengah () membentuk Pengurus Provinsi (Pengprov) Induk Olahraga (Inorga) Katinting di Kalteng, di Rumah Makan Kampoeng Seberang, Palangka Raya, Jumat (27/10/2023) malam.

Pada kesempatan itu, Abidin ditunjuk sebagai Ketua Pengprov Inorga Katinting Kalimantan Tengah. Dan merupakan Ketua Pengprov Inorga Katinting pertama di Kalimantan Tengah.

Ketua Dewan Pembina Pengurus Provinsi Inorga Katinting Kalteng, mengatakan, pembentukan Pengprov Katinting tersebut sudah direncanakan. Dimana tujuan pembentukan ini agar induk olahraga katinting ada di Kalteng, dan bisa mengembangkan olahraga tersebut.

“Nanti kita bentuk lagi di Kabupaten Kota, walaupun di Kota Palangka Raya termasuk pusat Induknya Pengprovnya. Nanti di Kota Palangka Raya pun ada, bahkan di seluruh Kabupaten Kota di Kalteng,” ucapnya.

Pria yang disapa ini melihat, olahraga katinting potensinya besar untuk dikembangkan di Kalimantan Tengah, karena banyak yang hoby olahraga tersebut, apalagi wilayah yang berdekatan dengan sungai.

“Setelah katinting di Palangka Raya, Insya Allah di , , Seruyan, dan ada juga di Barito Timur. Mungkin berputar dalam beberapa bulan ini. Insya Allah satu bulan sekali,” beber Koyem mengenai event Katinting Race di Palangka Raya.

Sementara itu, Ketua Pengprov Inorga Katinting Kalteng terpilih, Abidin mengatakan, program kedepan akan membawa ketinting ke tingkat .

“Di Makasar sudah booming juga katinting ini. Sementara untuk Regional Kalimantan pasti banyak event-event yang akan diselenggarakan,” ungkapnya.

Pria yang juga Kepala Seksi Pemerintahan, Keamanan dan Ketertiban Kota Palangka Raya ini menuturkan, olahraga ketinting ini memiliki peminat dari menengah ke bawah.

“Para nelayan, karena di Kalimantan khususnya banyak sungai-sungai. Itu yang peminatnya banyak,” terangnya. (asp)