Pers di Kalteng Diharap Bantu Pemerintah Tangkal Berita Bohong

Whatsapp Image 2023 11 09 At 6.15.02 Pm (1)
Staf Ahli (Sahli) Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Yuas Elko saat mewakili Gubernur Kalteng

BALANGANEWS, – Staf Ahli (Sahli) Gubernur Kalimantan Tengah () Bidang Ekonomi, Keuangan dan , Yuas Elko berpesan kepada pera di Kalteng agar dapat membantu pemerintah dalam menangkal berita bohong jelang pesta demokrasi.

Selain itu, Yuas juga mengajak seluruh insan untuk memerangi dan melawan . Hal tersebut disampaikannya saat menghadiri kegiatan Diseminasi Perlindungan Terhadap Wartawan, yang digelar PWI Kalteng, di Palangka Raya, Kamis (9/11/2023).

“Memasuki pesta Demokrasi dan serentak 2024, saya berpesan kepada insan pers di Kalteng, untuk mampu terus bekerja secara baik dan profesional, menjaga kondusifitas daerah, dan dapat membantu pemerintah dalam menangkal berita bohong atau hoaks, yang dapat memecah-belah persaudaraan yang selama ini sudah terjaga dengan baik di Kalteng,” kata Yuas.

Lebih lanjut beber Yuas, selama ini pemerintah provinsi telah menjalin kemitraan yang baik bersama banyak perusahaan media di wilayah setempat, sebab pers dan pemerintah harus bisa saling mendukung guna menyukseskan pelaksanaan berbagai program pembangunan, sehingga seluruh masyarakat khususnya di Kalteng bisa mengetahuinya.

Sebagaimana diketahui, pers memiliki peran strategis dalam menyukseskan pembangunan. Pers memiliki peran penting membantu pemerintah pusat maupun Daerah, agar setiap program maupun kegiatan bisa terlaksana dengan baik. Tanpa adanya pers, tentu pemerintah tidak bisa menyampaikan berbagai informasi mengenai pembangunan secara optimal kepada masyarakat.

“Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah sangat menyadari fungsi pers dalam menyajikan informasi kepada masyarakat. Pemerintah Provinsi memberikan keluasaan terhadap pers dalam berkarya. Bahkan pers diberikan posisi yang strategis dalam kemitraan bersama dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah. Tentunya kemitraan yang saling menguntungkan,” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, Yuas Elko juga menekankan agar setiap wartawan atau jurnalis dapat mempedomani serta memahami dan menguasai kode etik jurnalistik agar dapat menjalankan aktivitas jurnalistiknya dengan baik dan benar. (asp)