Dinas TPHP Kalteng Serahkan Bantuan Ternak Kambing Peranakan Etawa

Whatsapp Image 2023 11 11 At 12.44.49 Pm

BALANGANEWS, PALANGKA RAYA – Dinas Tanaman Hortikultura dan (TPHP) Provinsi Kalimantan Tengah () menyerahkan bantuan ternak kambing peranakan etawa (PE) pada kelompok tani ternak di Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Jumat (10/11/2023).

Penyerahan tersebut secara simbolis diserahkan oleh Kepala Dinas Kalteng, Sunarti, dan didampingi Kabid Peternakan dan Hewan Muhajirin Akbar, dan Pengawas Bibit Ternak Ahli Madya Togar Saur Parulian.

Kepala , Sunarti menyampaikan, bahwa Kabupaten Seruyan pada tahun 2023, mendapat bantuan ternak sebanyak 100 ekor, yang terdiri dari 10 ekor jantan dan 90 ekor betina. Tenak kambing PE tersebut akan disebar pada enam kelompok tani ternak di Kabupaten Seruyan.

“Bibit merupakan salah satu faktor yang menentukan dan mempunyai nilai strategis dalam upaya pengembangan ternak ruminansia, diantaranya kambing. Hal tersebut terkait dengan peningkatan populasi dan produktivitas ternak ruminansia, khususnya kambing dalam penyediaan daging dan produk lainnya,” ucapnya.

Lanjut Sunarti, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah sangat mendukung pengembangan peternakan secara luas, dimana tujuan pengembangan ternak yaitu meningkatkan populasi ternak di lokasi atau wilayah, menyediakan sumber bahan pangan nabati, meningkatkan jumlah rumah tangga peternak, memanfaatkan dan mengembangkan sumber daya genetik ternak lokal dan/atau persilangan.

“Ternak yang diterima oleh para kelompok tani ternak yang ada di Kabupaten Seruyan dapat dikembangkan secara benar-benar dan dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan peternak (pelaku), dengan harapan ke depannya Kabupaten Seruyan menjadi penghasil ternak kambing,” katanya.

Selain itu, tambah Sunarti, Ketua Kelompok Tani beserta jajarannya diharuskan benar-benar bertanggung jawab pada ternak kambing PE yang diterima dan bisa bekerja sama dengan semua anggota kelompok untuk memelihara ternak kambing yang diterima tersebut, dipelihara secara koloni, dan selalu berkonsultasi dengan petugas peternakan yang ada di lapangan jika terjadi sesuatu penyakit atau hal lainnya.

“Saya berharap kelompok tani penerima bantuan tahun ini bisa menjadi positif untuk kelompok tani ternak lain yang akan mengembangkan peternakan kambing dalam aktivitas kesehariannya, sebagai upaya pemanfaatan sumber daya alam yang ada di Kabupaten Seruyan,” pungkasnya. (asp)