BRIDA Diharap Berkontribusi Dalam Membangun Daerah

Whatsapp Image 2023 11 11 At 12.44.52 Pm
Ketua Komisi III DPRD Kalteng, Hj. Siti Nafsiah

, – Ketua Komisi III , Hj. Siti Nafsiah mendorong agar keberadaan Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) di Kalimantan Tengah (Kalteng) dapat berkontribusi dalam membangun daerah melalui inovasi dan penelitian.

BRIDA Kalteng sebelumnya telah ditetapkan melalui peraturan daerah (Perda) tentang pembentukan susunan , dimana badan ini terbentuk sebagai tindaklanjut peraturan presiden yang mengharuskan setiap daerah memiliki badan riset.

“Proses penyusunan aturannya dari 2022 kemarin, dan sudah ditetapkan Perda-nya. Jadi BRIDA ini akan berkolaborasi dengan dalam hal penelitian,” ucap Nafsiah baru-baru ini.

Ia membeberkan, BRIDA yang baru terbentuk masih bergabung dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Provinsi Kalteng, karena secara sarana prasarana dan lain sebagainya masih harus dilengkapi sebelum berdiri secara mandiri.

Terkait hal tersebut lanjut Nafsiah, pihaknya DPRD dan pemerintah memberikan waktu setidaknya dua tahun kepada BRIDA Kalteng untuk melengkapi infrastruktur, subprastruktur, hingga sumber daya manusia (SDM).

“Memang bagusnya BRIDA ini berdiri mandiri ya, tapi karena ini baru dibentuk tahun ini maka perlu waktu melengkapi berbagai hal yang berkaitan dengan kegiatan mereka, baik itu riset, penelitian oleh para pakar di dalamnya,” jelasnya.

Anggota fraksi Partai ini menambahkan, meskipun masih berada di Bappedalitbang, namun BRIDA sebagai menyelenggarakan penelitian, pengembangan, pengkajian, dan inovasi yang terintegrasi di daerah tetap dituntut untuk melaksanakan tugasnya dengan sebaik mungkin.

“Yang mengisi sekarang kan rata-rata orang daerah, mereka ada dari perguruan tinggi, dan para pakar yang berkompeten. Nah selama dua tahun sebelum berdiri mandiri ini, BRIDA diminta tetap beraktivitas, melakukan riset berkenaan dengan penelitian,” tandasnya. (asp)