Diikuti 331 Peserta, Kejuaraan Pencak Silat se-Kalteng Resmi Digelar

Whatsapp Image 2023 11 16 At 12.05.39 Pm
Pemukulan Gong oleh Staf Ahli Gubernur Kalteng, Suhaemi didampingi oleh Ketua IPSI Kalteng serta perwakilan Kepala OPD tingkat Kalteng tanda dibuka secara resmi

, Cup se-Kalimantan Tengah () 2023 secara resmi digelar, di GOR Indoor Serbaguna Palangka Raya, Kamis (16/11/2023).

Kejuaraan yang digelar sejak tanggal 15-19 November 2023 ini dibuka oleh Gubernur Kalteng, H. Sugianto Sabran melalui Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Suhaemi.

Suhaemi menyampaikan, atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh Wasit, Juri dan panitia pelaksana yang telah berpartisipasi dan bekerja keras menyiapkan kegiatan ini dengan maksimal.

“Saya ucapkan Selamat datang kepada seluruh atlet, pelatih, official, manager, pendamping, pada event Gubernur Cup Kejuaraan se-Kalimantan Tengah Tahun 2023 ini. Bertandinglah dengan semangat juang yang tinggi, jaga sportivitas dan paling penting tetap menjaga persatuan dan kesatuan,” ucapnya.

Suhaemi menjelaskan, kegiatan Gubernur Cup Kejuaraan Pencak Silat ini dilaksanakan oleh Pemprov melalui Dinas Pemuda dan , merupakan rangkaian kegiatan memeriahkan Tahun 2023 dan sebagai ajang seleksi menuju kegiatan PRA POPNAS Zona III dan PON Aceh-Sumatra Utara tahun 2024.

“Semoga dengan kegiatan ini dapat mempererat tali silaturahmi antar sesama atlet, pelatih, official, manager, dan pendamping pencak silat se-Kalimantan Tengah,” harap Suhaemi.

Kalah menang dalam suatu pertandingan, tambah Suhaemi adalah hal yang wajar dialami oleh setiap atlet yang bertanding. Namun kemenangan harus dilakukan dengan sportivitas dan tidak berpuas diri, karena masih banyak event-event yang akan diikuti.

“Selanjutnya bagi yang kalah bukan berarti akhir dari segalanya melainkan jadikan evaluasi diri untuk tambah semangat berlatih memperbaiki hal-hal yang dirasa kurang selama ini,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalteng, Hamka melalui Kepala Bidang Peningkatan Olahraga Prestasi, Adi Nur Fajar menambahkan, bahwa kejuaraan pencak silat se-Kalimantan Tengah ini mempertandingkan dua kategori, yaitu katagori tanding dan seni.

“Sedangkan untuk jumlah peserta dari katagori tanding itu berjumlah 260 orang putra-putri, dan untuk katagori festival atau seni ada 71 orang, dengan total adalah 331 orang,” ungkap Adi yang juga Ketua Panitia. (asp)