Kecelakaan Renggut 360 Korban Jiwa di Kalteng Selama 2023

Whatsapp Image 2023 11 28 At 4.11.09 Pm
Ditlantas Polda Kalteng ketika memberikan edukasi kepada peserta didik terkait lalu lintas.

, PALANGKA RAYA – Sebanyak 360 jiwa meninggal dunia dalam yang terjadi sepanjang 2023 di Kalimantan Tengah.

Data dari Ditlantas Polda , terjadi 1.026 kecelakaan di Kalimantan Tengah yang ditangani oleh jajaran selama Januari-November 2023. Dari tersebut 360 jiwa meninggal dunia.

Direktur Lalu Lintas , Kombes Pol R S Handoyo melalui PS Kasi Laka Subditgakkum Gakkum AKP Beno Hertanto, mengatakan 360 korban jiwa berasal dari 323 kecelakaan. Selain itu, terdapat 139 orang mengalami luka berat dan 1.128 orang mengalami luka ringan.

Dari jumlah tersebut, kecelakaan terbanyak berada di Kota Palangka Raya dengan 239 kecelakaan dengan 51 korban jiwa, disusul Kotawaringin Timur 196 kecelakaan dengan 80 korban jiwa.

“Banyaknya jumlah kecelakaan ini terus kita evaluasi dengan meningkatkan kesadaran masyarakat ketika berkendara di jalan raya,” katanya, Selasa (28/11/2023).

Ia menerangkan, upaya sosialisasi dan edukasi terus gencar dilakukan Ditlantas bersama Satlantas polres jajaran. Kegiatan difokuskan kepada sekolah-sekolah dan juga komunitas untuk menyentuh langsung pengguna jalan.

Sejak dini, Ditlantas berupaya mengenalkan kepada peserta didik dan pelajar untuk mengetahui rambu lalu lintas.

“Edukasi diberikan agar pengguna jalan dapat menaati tata tertib berlalu lintas. Setiap kecelakaan diawali oleh pelanggaran lalu lintas, baik berkendara dengan kecepatan tinggi, melanggar rambu hingga memaksakan diri saat berkendara saat dalam keadaan lelah,” ujarnya.

Untuk itu, imbuh Beno, pihaknya mengajak agar masyarakat dapat mengutamakan keselamatan daripada kecepatan.

“Selalu patuhi rambu lalu lintas, utamakan keselamatan di jalan raya karena ada yang menunggu kita di rumah,” imbaunya. (yud)