Sinergitas dan Fokus, Upaya Pemprov Kalteng Menanggulangi Kemiskinan

Whatsapp Image 2023 11 28 At 6.10.59 Pm
Wakil Gubernur Kalteng, H. Edy Pratowo saat menyampaikan sambutannya pada Rapat Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan, yang dilaksanakan di Aula Eka Hapakat, Kantor Gubernur Kalteng

BALANGANEWS, – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah () berupaya keras untuk menurunkan angka kemiskinan. Pemprov sinergitas dengan berbagai pihak dalam mengatasi dan menurunkan angka kemiskinan.

“Mewujudkan penurunan kemiskinan, tentunya dibutuhkan komitmen bersama dan kerja keras berbagai pihak terkait,” kata Wakil (Wagub) Kalteng, H. Edy Pratowo pada Rapat Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan di Kalteng, Selasa (28/11/2023).

Ia menyebutkan, makin tingginya sinergi dan harmonisasi antara pemerintah pusat dan daerah, swasta, akademisi, dan masyarakat, serta didukung potensi sumber daya alam yang melimpah diharapkan bisa meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Kalimantan Tengah.

“Melalui upaya-upaya mensinergikan semua program-program dari pusat dan daerah, sinergitas antar sektor yang ada, termasuk percepatan penyerapan pembangunan,” jelasnya.

Wagub membeberkan, dampak yang lalu, turut membuat tingkat kemiskinan Provinsi Kalimantan Tengah meningkat hingga mencapai angka 5,28 persen pada tahun 2022 atau sebanyak 145.100 jiwa.

Dari data tahun 2020 yang terjadinya -19, tingkat kemiskinan provinsi saat ini masih di atas tahun 2020 yang sebesar 4,82 persen.

Namun berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2023 tingkat kemiskinan Provinsi Kalimantan Tengah turun ke angka 5,11 persen atau sebanyak 142.170 jiwa dan berada di bawah capaian yang sebesar 9,36 persen.

Sedangkan, untuk tingkat kemiskinan ekstrem, berdasarkan data tahun 2023 Provinsi Kalimantan Tengah juga mengalami penurunan menjadi 0,35 persen, dibanding tahun 2022 yang sebesar 1,15 persen. Capaian ini juga berada di bawah capaian nasional tahun 2023 yang sebesar 1,12 persen.

“Walau mengalami penurunan, namun hal ini jangan mengendorkan upaya kita dalam penanganan kemiskinan,” ungkapnya. (asp)