Pemprov Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJPD Kalteng 2025-2045

Whatsapp Image 2023 11 30 At 3.06.06 Pm

BALANGANEWS, mengadakan Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJPD Provinsi tahun 2025-2045, yang diselenggarakan di Aula , Kamis (30/11/2023).

Kepala Provinsi Kalteng, Leonard S. Ampung menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesamaan persepsi bagi seluruh dalam menyusun dokumen RPJPD yang sesuai dengan kaidah perencanaan dan regulasi.

Selanjutnya membangun ownership dan rasa kebersamaan dalam tahapan dan proses penyusunan RPJPD Provinsi Kalteng tahun 2025-2045, serta menyempurnakan Rancangan Awal RPJPD, dengan mempertimbangkan masukan dan aspirasi yang telah disampaikan oleh peserta.

Seperti yang diketahui, pembangunan Kalteng tahun 2025-2045 mengacu pada visi yang terdapat pada Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) tahun 2025-2045 Indonesia Emas 2045.

Kalteng melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Setda Kalteng, Sri Widanarni menyebutkan, pembangunan Kalteng tahun 2025-2045 mengacu pada visi RPJPN tahun 2025-2045, yaitu Indonesia Emas 2045.

“Mewujudkan Indonesia sebagai negara berdaulat, maju, dan berkelanjutan,” katanya.

Ia membeberkan, rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Provinsi Kalimantan Tengah merupakan penjabaran dari visi, misi, arah kebijakan, dan sasaran pokok pembangunan daerah jangka panjang untuk 20 tahun.

“Yang itu disusun dengan berpedoman pada Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) dan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW),” jelasnya.

Ia menambahkan, kegiatan ini juga merupakan bagian dari komitmen Pemerintah Provinsi untuk membuka secara luas partisipasi dan keterlibatan seluruh pemangku kepentingan dalam pembangunan daerah, yang dimulai sejak tahap perencanaan.

“Kita tidak menginginkan Kalimantan Tengah pada 20 tahun yang akan datang tertinggal dibandingkan dengan provinsi-provinsi lain di Indonesia dan terutama di pulau Kalimantan, apalagi dengan peluang kita sebagai salah satu provinsi mitra Ibukota Nusantara (IKN). Untuk itu perlu kerja keras kita bersama dimulai dengan merumuskan cita-cita dan harapan terhadap pembangunan daerah yang akan bermanfaat bagi Kalimantan Tengah sampai dengan 20 tahun yang akan datang,” tandasnya. (asp)