BI Tekankan Adanya Hilirisasi Dalam Menjaga Ekonomi Kalteng

Whatsapp Image 2023 11 30 At 3.06.07 Pm

BALANGANEWS, PALANGKA RAYA – Kepala Perwakilan Wilayah () Kalimantan Tengah (Kalteng), Taufik Saleh menekankan adanya hilirisasi yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah dalam rangka menjaga pertumbuhan yang berkelanjutan.

“Kedepan, hilirisasi perlu menjadi perhatian kita bersama dalam rangka menjaga pertumbuhan yang berkelanjutan di Kalimantan Tengah,” katanya pada kegiatan Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2023, di Aula BI Indonesia perwakilan Kalteng, Rabu (29/11/2023).

Di sektor , jelas Taufik, pengembangan hilirisasi batu bara menjadi produk gas, briket, maupun metalurgi dapat dikembangkan dalam mempersiapkan potensi sunset pada tahun 2030.

Di sektor industri pengolahan, selain pengembangan pengolahan hasil tambang, pengembangan lebih lanjut pabrik pengolahan sawit berbasis teknologi medium hingga tinggi, pendirian pabrik pengolahan karet, pendirian industri pengolahan tanaman , hasil ternak, dapat dilakukan guna memberikan nilai tambah dan daya saing industri Kalteng.

“Transformasi hilirisasi ini dapat mendorong kinerja sektor perdagangan di masa depan, khususnya dalam menyambut potensi kehadiran Ibukota Negara Baru (IKN) di Kalimantan,” ucap Taufik.

Selain itu, ia menyebutkan, kinerja ekonomi Kalteng pada tahun 2023 terjaga positif. Hal itu ditopang utamanya oleh kinerja sektor perdagangan yang berhasil tumbuh impresif selama tahun berjalan.

“Tumbuhnya sektor perdagangan didorong oleh kinerja perdagangan antar daerah untuk komoditas
dan juga didukung oleh pencabutan status pandemi pada bulan Juni lalu,” jelas Taufik.

Sementara, perlambatan ekonomi yang terjadi di Kalteng ini ungkapnya, lebih disebabkan oleh tekanan sektor pertambangan yang terus mengalami kontraksi selama tahun berjalan.

“Belum adanya pengembangan bauksit di Kalteng menyebabkan pemerintah melarang pelaksanaan sehingga menyebabkan hilangnya potensi produksi bauksit sejak tahun lalu,” bebernya. (asp)