RSUD Doris Sylvanus Lakukan Bedah Jantung Terbuka Perdana

Whatsapp Image 2023 12 01 At 3.39.24 Pm

BALANGANEWS, PALANGKA RAYA Kalteng melalui RSUD dr. Doris Sylvanus mencatatkan sejarah dengan melaksanakan kegiatan Bedah Jantung Terbuka Perdana Jejaring Pengampuan Layanan Kardiovaskular.

Bedah jantung ini rencana akan dilaksanakan dua hari yaitu pada 1-2 Desember 2023. Dan secara langsung dipantau oleh Gubernur Kalteng, H. didampingi Wakil Gubernur, H. , Jumat (1/12/2023).

“Operasi ini akan berjalan selama dua hari dengan dua pasien, hari ini pasien pertama dan besok untuk pasien kedua. Operasi perdana ini akan kita jalankan dengan sebaik mungkin, kita juga berdoa semoga hasilnya juga baik dan pasien bisa sehat,” kata dr. Geri Pradana yang merupakan Dokter spesialis BTKV.

Ia berharap dengan adanya operasi Bedah Jantung Terbuka tersebut akan membawa RSUD dr. Doris Sylvanus lebih maju lagi.

“Operasi ini juga diharapkan menjadi batu loncatan untuk RSUD dr. Doris Sylvanus agar bisa lebih maju lagi ke depannya,” katanya.

Sementara itu, Plt. Direktur RSUD dr. Doris Sylvanus, Ady Fraditha, menjelaskan bahwa kegiatan tersebut dibiayai oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah () dan juga di-support dengan .

“Jadi intinya ini pembiayaannya oleh Pemprov Kalimantan Tengah di-support oleh BPJS, pasien ini dari Kabupaten Kapuas dan Kabupaten Buntok,” ungkap Ady.

Ady menyebut, jika operasi perdana tersebut berhasil, maka itu akan menjadi awal yang baik untuk melakukan operasi bedah jantung terbuka berikutnya.

“Kita akan diampu oleh Rumah Sakit Jantung Harapan Kita, sampai kita benar-benar mampu secara mandiri untuk kemudian kita dilepas melaksanakan sendiri,” jelasnya.

Gubernur Kalteng, H. Sugianto Sabran mengharapkan, dengan adanya pelayanan bedah jantung terbuka di RSUD dr. Doris Sylvanus, masyarakat Kalteng tidak perlu lagi antre ke rumah sakit luar Provinsi Kalteng untuk mendapatkan pelayanan bedah jantung terbuka.

“Pelayanan bedah jantung terbuka di RSUD dr Doris Sylvanus Provinsi Kalteng dimulai sejak tanggal 1 Desember 2023 dengan pasien berasal dari Kabupaten Barito Selatan dan Kabupaten Kapuas,” katanya.

Orang Nomor satu di Kalteng ini mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah melalui Kementerian , kepada Tim Pengampu Jejaring Kardiovaskuler dan Rumah Sakit Jantung dan Harapan Kita.

“Terima kasih juga kepada Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah, yang telah menjembatani komunikasi dengan Kementerian Kesehatan, dan kepada PIt. Direktur RSUD dr. Doris Sylvanus beserta seluruh jajaran,” tandasnya. (asp)