Pemprov Kalteng Jambore UMKM Wilayah Timur 2023

Whatsapp Image 2023 12 09 At 5.18.01 Pm (1)

, PALANGKA RAYA menggelar Jambore (Usaha Mikro Kecil Menengah) Wilayah Timur Provinsi Kalteng 2023, di GPU Jaro Pirarahan, Kabupaten Barito Selatan, Sabtu (9/12/2023).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil (Wagub) Provinsi Kalteng, H. Edy Pratowo. Di dalam sambutannya, Wagub menyampaikan Jambore UMKM ini merupakan salah satu upaya Pemprov Kalteng untuk mempertemukan antar pelaku usaha, pembina, lembaga keuangan, praktisi, dan stakeholders lainnya.

“Untuk meningkatkan daya saing produk UMKM, dan mengembangkan sistem jaringan usaha bagi produk UMKM unggulan melalui fasilitas kemitraan agar pemasarannya makin luas,” katanya.

Wagub membeberkan, pemberdayaan sebanyak 121.458 UMKM di Provinsi Kalimantan Tengah, tentunya memerlukan kontribusi sinergis dari berbagai lembaga, seperti , perbankan, biro/agen jasa, dan lain-lain.

Sinergi antar lembaga ini sambungnya, diharapkan akan menuntun pemberdayaan UMKM, untuk membawa kebermanfaatan yang lebih luas dan memberikan multiplier effect untuk mendukung UMKM naik kelas dan go digital.

“Dengan terselenggaranya kegiatan ini kita harapkan dapat membantu para pelaku UMKM. Bukan hanya sebagai upaya promosi saja, namun juga memperluas kemitraan jaringan usaha,” ungkapnya.

Wagub berharap, ke depan UMKM dengan berbagai produk unggulannya dapat semakin berkontribusi positif dalam meningkatkan kerakyatan, khususnya di Provinsi Kalimantan Tengah.

“Dibarengi kerja sama dan sinergi lintas sektor, ekonomi daerah akan terus menguat dan masyarakat makin sejahtera, sehingga kita mampu membangun masyarakat yang Maju, Mandiri dan Adil menuju Kalteng Makin Berkah,” imbuhnya.

Senada dengan itu, Pj. Bupati Barito Selatan (Barsel), Deddy Winarwan menambahkan, keseluruhan UMKM ini bergerak di berbagai sektor yang menunjang perekonomian masyarakat. Selain pemberdayaan UMKM, juga memberdayakan sektor-sektor yang menjadi potensi di Kabupaten Barito Selatan salah satunya sektor pertanian.

“Selain kita memberdayakan sektor perekonomian, UMKM, kita juga sudah meningkatkan kapasitas SDM di Barito Selatan,” tandasnya.

Sementara itu, Sekda Provinsi Kalteng, H. Nuryakin menyampaikan kegiatan, Jambore UMKM kali ini mengusung tema besar, yakni UMKM Bersatu, Berkembang, Berjaya Menuju UMKM Naik Kelas dan Go Digital.

“Sesuai dengan tema tersebut, Jambore UMKM ini diselenggarakan dengan tujuan, antara lain menjembatani keterhubungan antara UMKM dalam berbagai bidang dengan pelaku usaha untuk kerja sama / kemitraan, meningkatkan wawasan, pengalaman, dan kapasitas SDM pelaku UMKM, agar mampu mengembangkan kegiatan usahanya dan menciptakan produk berdaya saing global, sehingga mendorong terwujudnya UMKM Naik Kelas dan memberikan pemahaman tentang kewirausahaan dan strategi transformasi menuju UMKM modern berbasis digital,” jelasnya.

Diketahui, kegiatan Jambore UMKM Wilayah Timur Tahun 2023 diikuti peserta sekitar 5.000 orang Pelaku UMKM.

Pembukaan Jambore UMKM Wilayah Timur dirangkai dengan prosesi pemotongan tumpeng yang bertepatan dengan HUT ke-54 Wagub Kalteng yang merupakan bentuk sukacita dari keluarga bersama UMKM. (asp)