Palangka Raya

Penyuluh Pertanian Sangat Penting

Img 20231222 Wa0075

, – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah () melalui Dinas Tanaman , Hortikultura dan (TPHP) setempat memberikan bimbingan teknis kepada penyuluh pertanian.

Whatsapp Image 2023 12 13 At 8.54.37 Pm

Kegiatan Bimtek itu diikuti perwakilan penyuluh pertanian dari 14 Kabupaten/Kota se-Kalimantan Tengah, yang dilaksanakan pada 21-22 Desember 2023 di Bahalap Hotel Palangka Raya.

Kepala Dinas TPHP Provinsi , Hj. Sunarti mengatakan, kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka menyamakan persepsi dan visi misi penyuluh yang ada di Kalimantan Tengah.

“Jadi selama ini mungkin berjalan sendiri-sendiri. Dari kegiatan ini banyak ditemukan kendala di lapangan, permasalahan-permasalahan, salah satunya tadi koordinasi antar instansi,” ucapnya, Jumat (22/12/2023).

Sunarti menyebutkan, bahwa penyuluh ini merupakan garda terdepan dalam pengembangan pertanian, karena langsung bersentuhan ke petani. Sehingga ada persolaan, penyuluh lah yang terlebih dahulu menghadapi.

“Sehingga di lapangan tidak hanya menangani pertanian saja, pasti ditanya hal-hal lain, seperti harga pupuk dan perkembangan komoditas lainnya, sehingga perlu dilakukan pertemuan seperti ini,” jelasnya.

Sunarti menuturkan, saat ini ada sekitar 600 penyuluh yang tersebar di Kalimantan Tengah, baik dari PNS, , dan PPPK.

“Jadi idealnya penyuluh itu satu desa satu. Sekarang kan 1 kecamatan, luas wilayah kita dan medan yang dihadapi luar biasa, kalau hanya 1 orang yang memegang 1 kecamatan itu tidak bisa. Kami berharap kedepan adanya penambahan SDM,” jelasnya.

Senada dengan itu, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) Kalimantan Tengah, H. Hasanuddin Noor menyebutkan, bahwa penyuluh pertanian sangat penting, karena langsung bersentuhan dengan masyarakat.

“Petani dan penyuluh memiliki peran yang sangat strategis dan penting untuk pertanian di Indonesia, termasuk di Kalimantan Tengah. Peran ini menjadi sangat penting dalam kondisi sekarang,” ujarnya.

Sehingga terkait dengan hal itu, Hasan menuturkan, bahwa kedepan Perhiptani siap berkolaborasi dan mendukung program dari Pemerintah, Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran dalam meningkatkan hasil pertanian di Kalimantan Tengah.

“Perhiptani siap berkolaboran dalam mendukung program kerja Pemerintah dan juga Gubernur Kalimantan Tengah, dalam meningkatkan hasil pertanian,” imbuhnya.

Selain itu, Hasanuddin mengimbau, kepada masyarakat agar dapat menggunakan lahan, baik lahan pekarangan dan lain di pertani agar dijadikan lahan produktif sehingga dapat meningkatkan hasil pertanian yang tentunya diharap meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kita mengimbau kepada masyarakat agar menggunakan lahan sehingga bisa produktif, dalam rangka meningkatkan hasil pertandingan dan kesejahteraan masyarakat Kalimantan Tengah,” imbaunya. (asp)

Beritahu Saya Setiap Ada Berita Terbaru OK No thanks