IKSA Kalteng Komitmen Tingkatkan Partisipasi Mahasiswa Dalam Berpolitik

, – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Sarjana Katolik Indonesia (ISKA) Provinsi Kalimantan Tengah () berkomitmen untuk mengakselerasi dan meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam ranah politik.

Ketua DPD ISKA Provinsi Kalteng, drh. Alex Uria Atmaja menjelaskan, bahwa sepanjang tahun 2023, ISKA Kalteng telah menjadi pionir dalam menyelenggarakan sejumlah pertemuan yang melibatkan berbagai pihak, termasuk tokoh umat, organisasi masyarakat Katolik, komisi kerawam keuskupan, aktivis perempuan, profesional lintas bidang, dan calon legislatif (caleg) dari berbagai partai politik.

“Khususnya dalam mendukung kalangan mahasiswa Katolik, seperti Persatuan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) dan Mahasiswa Katolik (KMK ), ISKA Kalteng bekerja sama dengan Komisi Kerawam Keuskupan Palangkaraya dalam mengadakan dialog internal,” katanya, Senin (29/1/2024).

Dialog ini membahas konsep “PEMILIH CERDIK,” yang menggarisbawahi kecerdasan dalam inovasi, kreativitas, dan tanggung jawab sebagai landasan partisipasi politik yang berkualitas.

Tak hanya itu, melalui inisiatif NGOPIBISA, yang merupakan singkatan dari “Ngobrol Pintar Bijak dan Santun,” DPD ISKA Kalteng berusaha menjembatani kesenjangan antara masyarakat dan organisasi, menciptakan ruang diskusi yang bijaksana dan bermakna.

Selain itu, Ketua DPD ISKA Provinsi Kalteng juga menekankan pentingnya mendukung caleg yang berani memperjuangkan amanat penderitaan rakyat, terutama caleg Katolik.

“Apresiasi dan dukungan ini menjadi bagian integral dari misi ISKA Kalteng dalam memperjuangkan aspirasi dan kepentingan masyarakat, dengan keyakinan bahwa kehadiran caleg yang berkomitmen akan membawa perubahan positif bagi kesejahteraan bersama,” tandasnya. (asp)