Infrastruktur Memadai Menjadi Hal Penting Maksimalkan Pengelolaan SDA

Anggota Komisi II DPRD Kalteng, Ina Prayawati

, – Pengelolaan sumber daya alam (SDA) yang ada di Kalimantan Tengah () menjadi hal yang penting untuk dikembangkan secara maksimal.

Dalam memaksimalkan pengelolaan tersebut, tentunya memerlukan berbagai aspek. Salah satu yang menjadi kunci penting yaitu adanya yang memadai.

Anggota Komisi II , mengatakan, infrastruktur memadai menjadi kunci penting dalam memaksimalkan pemanfaatan SDA yang ada di Kalteng.

Menurutnya, infrastruktur memadai dapat mempermudah dalam pengelolaan SDA dengan baik dan memberikan manfaat bagi daerah serta masyarakat Kalteng secara umum. Sebagai contoh adalah sektor karet dan .

“Jika terdapat industri yang mengolah kedua komoditas tersebut, maka akan dapat membantu dalam menjaga harga bahan mentahnya agar tetap stabil dan memberikan dampak yang positif bagi semua pihak,” katanya kepada media, baru-baru ini.

Selain itu komoditas tersebut, terdapat pemanfaatan SDA lainnya dalam sektor pertanian, perikanan, dan yang juga memiliki potensi besar untuk dimanfaatkan dengan optimal.

“Misalnya, DAS Barito sebagai daerah yang memiliki potensi SDA yang besar membutuhkan dukungan infrastruktur yang memadai agar dapat dimanfaatkan seefisien mungkin,” jelasnya.

Ia menambahkan, Pemerintah daerah Kalteng harus membahu dalam mengembangkan infrastruktur agar pengelolaan SDA dapat dijalankan dengan benar dan berkualitas.

“Selain itu, kita juga harus lebih peka terhadap pengembangan infrastruktur yang berkelanjutan untuk memaksimalkan potensi SDA yang ada di wilayah Kalteng,” pungkasnya. (asp)