Panitia Terus Lakukan Persiapan Jelang Aruh Ganal Hari Ini

Aktivitas pembenahan sekitar halaman Masjid Agung Kubah Kecubung Palangka Raya menjelang digelarnya Aruh Ganal Haul ke-19 Abah Guru Sekumpul Hari Jumat (9/2/2024) ini

, – Menjelang digelarnya Aruh Ganal di Masjid Agung Kubah Kecubung Palangka Raya, persiapan terus dilakukan oleh panitia bersama dengan pengurus dan takmir mesjid.

Salah satunya dengan dilakukannya pembenahan halaman masjid agung yang berlokasi tidak jauh dari Bundaran Burung Palangka Raya tersebut.

“Untuk kenyamanan parkir kendaraan jamaah, ada dermawan yang turut membantu mengerahkan alat berat untuk meratakan bagian halaman masjid,” terang Sekretaris Panitia Aruh Ganal, Mustain Khaitami, Jumat (9/2/2024).

Penyiapan lokasi parkir, terangnya, merupakan salah satu hal yang menjadi perhatian panitia dan pengurus masjid. Secara teknis, dalam kegiatan panitia juga mengerahkan sejumlah relawan dan personel dari Dinas Kota Palangka Raya.

Antusias terhadap kegiatan Aruh Ganal yang baru pertama kali digelar ini antara lain juga datang dari banyaknya bantuan spontanitas disampaikan melalui panitia demi menyukseskan kegiatan yang dijadwalkan berlangsung Hari Jumat (9/2/2024) ini.

“Selain penyediaan konsumsi yang datang dari berbagai kelompok pengajian maupun perorangan, bantuan untuk kegiatan ini antara lain juga berupa tenaga maupun personel yang siap membantu kelancaran acara,” terangnya.

Aruh Ganal sendiri dimulai dengan Salat Magrib berjamaah, pembacaan Maulid Habsyi, pembacaan manakib Abah Guru Sekumpul, tahlil dan doa, serta diakhiri dengan Salat Isya berjamaah.

Sebelumnya, Ketua Panitia, H. , menegaskan bahwa Aruh Ganal murni mengadopsi kegiatan sebagaimana di Martapura. Tidak ada sambutan dari panitia, tapi langsung pada kegiatan inti.

“Semata-mata kita berharap keberkahan dari shohibul haul, antara lain dengan mendengarkan manakib seputar kehidupan Abah Guru Sekumpul melalui Guru Sa’dudin yang juga imam rawatib Musala Ar-Raudhah Sekumpul, Martapura, untuk diteladani bersama,” jelasnya.

Nuryakin membeberkan, selain dari perorangan, bantuan konsumsi juga datang kelompok pengajian, maupun organisasi lainnya. Ada pula rencana pengerahan sejumlah pelajar dari agar turut berkontribusi dalam tugas lapangan.

Panitia menyatakan ungkapan terima kasih kepada semua pihak yang secara langsung atau tidak langsung menyampaikan keinginan untuk berkontribusi dalam kegiatan.

Nuryakin mengimbau kepada seluruh jamaah, pada saatnya juga diharapkan kehadiran sebelum waktu Salat Magrib di Masjid Agung Kubah Kecubung.

“Kegiatan Aruh Ganal terbuka bagi siapa saja yang ingin berkhidmat sesuai kadar kemampuan dan keikhlasan masing-masing. Dalam hal ini, panitia hanya bertindak dalam fungsi koordinasi karena suksesnya Aruh Ganal merupakan kesuksesan bersama,” tandasnya. (asp)