Hari Pers Nasional ke-78, PWI Kalteng dan Mitra Gelar Donor Darah

BALANGANEWS, PALANGKA RAYA – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalimantan Tengah () beserta sejumlah organisasi konstituen dan melaksanakan kegiatan , yang digelar di Balai PWI Kalteng, Jumat (9/2/2024).

Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai rangkaian dalam memperingati Hari Pers Nasional (HPN) ke-78, yang didukung oleh Kalteng, Polda Kalteng, Korem 102 Panju Panjung, DAD Kalteng, PMI, PT Persero, BPBPK Kalteng, AMSI Kalteng, SPS Kalteng, dan SMSI Kalteng.

Ketua PWI Kalteng M. Zainal mengatakan, kegiatan donor darah ini diikuti oleh kalangan wartawan, , Polisi, komponen kelompok masyarakat, organisasi kemasyarakatan.

Ia menjelaskan, alasan memilih donor darah sebagai pilihan kegiatan pada Hari Pers Nasional karena Kalteng mengalami kekurangan stok darah dalam beberapa bulan terakhir.

“Apalagi ini kebetulan libur, kebutuhan akan darah itu banyak, sementara para pendonor ini banyak keluar daerah, momen kesempatan ini dan Hari Pers Nasional 2024 kita memilih donor darah, kerjasama dengan PMI dan mitra kerja yang lainnya, Pemerintah Provinsi, Dewan Adat dan aparat TNI maupun ,” katanya.

PWI Kalteng, sambung Zainal menyiapkan 400 lebih paket sembako untuk pendonor, sebagai bentuk apresiasi kepada pendonor yang telah mendonorkan darahnya.

“Kita menginginkan adanya kepedulian untuk membantu sesama masyarakat yang membutuhkan, intinya satu tetes darah pun sangat berguna, apalagi satu kantong menimbulkan jutaan harapan dan kebahagian dari si penerima donor,” jelasnya.

Zainal berpesan kepada kalangan insan pers, pada Hari Pers Nasional agar meningkatkan kepedulian terhadap sesama dengan tidak memandang suku, agama, ras dan golongan.

“Kegiatan ini yang pasti bagaimana kita peduli kepada sesama yang membutuhkan bantuan kita, mudah-mudahan kedepan, hal-hal seperti ini terus berlanjut. Sehingga antar yang satu dan lainnya muncul sifat empati dan saling toleransi,” imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kalteng, Irwansyah mendukung kegiatan donor darah ini dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional.

“Kita berharap kegiatan ini bisa berlanjut terus, kita berharap PWI dan SMSI kita bisa bekerjasama dalam sebuah kegiatan,” pungkasnya. (asp)