Pemkab Mura Siap Kembangkan Potensi Lokal

Pejabat Bupati Murung Raya, Hermon saat diwawancarai awak media usai menghadiri kegiatan promosi dan diseminasi indikasi geografis yang digelar oleh Kemenkumham Kalteng

, – Kalimantan Tengah () kaya akan hasil alam yang tentunya tidak kalah dari daerah lain, salah satunya ada di kabupaten yang penuh dengan hasil alam. Diantaranya buah-buah lokal seperti durian dan lain sebagainya.

Pejabat (Pj) Bupati Murung Raya, Hermon mengatakan, Kabupaten Murung Raya banyak hasil alamnya, seperti ada , dan juga buah-buahan lokal yang mungkin di daerah lain sudah sulit ditemukan.

“Selain buah durian kita juga ada tanaman-tanaman khas daerah kita juga, yang tentunya bisa kembangkan dan tahun ini kita akan coba kembangkan beberapa yang akan kita coba daftarkan, sebagai bagian kekayaan di Murung Raya, yang tentunya bisa menjadi brand kita baik secara daerah dan juga kita harapkan ,” ucapnya, Kamis (22/2/2024).

Terkait untuk pemasaran untuk hasil-hasil alam itu kata Hermon, sudah cukup bagus, makanya saat ini belum membawa keluar, karena di lokal sendiri saja cenderung sudah langsung habis untuk produk yang ada, seperti durian, kopi kemudian juga ada batik khas daerah.

“Rata-rata semua produk kita terserap dilokal, makanya ini menjadi tantangan bagi daerah terutama dinas terkait bagaimana bisa memproduksi lebih besar dengan kualitas yang bagus, nanti kita upayakan nisa kita pasarkan keluar,” jelasnya.

Saat ini saja tambah Hermon, produk yang ada dilokal saja terserap habis, sehingga saat ini relatif terlena kalau pasar untuk feedback-nya ada tersistem, lalu berhenti.

“Tentunya ini menjadi membuka wawasan kita agar bisa membuka ruang kita, agar bisa memasarkan hingga keluar karena saat ini di lokal saja sudah habis langsung kalau dipasarkan, seperti contoh durian saja dari Banjarmasin, kota kabupaten terdekat pun banyak mengambil dari kita, jadi produksi durian kita cukup besar nanti bisa kita kembangkan adalah olahan dari berbagai makanan yang bisa diolah dari bahan dasar itu,” tandasnya. (asp)