Pemprov Kalteng Bantu 2000 Paket Sembako untuk Mahasiswa Perantau

BALANGANEWS, PALANGKA RAYA – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov ) menyalurkan bantuan paket sembako sebanyak 2000 paket untuk mahasiswa perantauan yang ada di Palangka Raya, Sabtu (24/2/2024).

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Kalteng yang diwakili oleh Ketua Tim Penggerak dan Pemberdayaan Kesejahteraan (TP-PKK) Provinsi Kalteng, Ivo Sugianto Sabran.

Ivo Sugianto Sabran secara simbolis menyerahkan kepada perwakilan mahasiswa perantauan di dua titik, yakni di asrama mahasiswa Kabupaten Kotawaringin Timur () dan asrama mahasiswa di Jalan B Koetin, Palangka Raya.

Ivo mengatakan, bantuan paket sembako tersebut diberikan untuk meringankan kebutuhan sehari-hari mahasiswa perantauan.

“Ini bantuannya jangka panjang, harapannya bapak Gubernur ingin sumber daya manusia di Kalteng ini berkualitas, salah satunya lewat mahasiswa, selain mendapatkan bantuan , yakni kebutuhan sehari-harinya melalui sembako,” katanya.

Bantuan yang diberikan, lanjut Ivo dalam satu paketnya senilai Rp200.000. Dalam satu paket sembako tersebut berisikan beras 5 kilogram, sarden 2 kaleng, minyak goreng dan mie instan.

“Rencananya sebulan sekali, tapi tidak hanya sembako. Per 3 bulan sekali bantuan proteinnya juga diberikan ada daging sapi, daging ayam dan telur itu bergantian, juga berkaitan beasiswa ini yang tahap pertama, nanti ada tahap kedua lagi untuk TABE dan juga untuk selanjutnya akan ada untuk program pascasarjana S-2 akan mendapatkan beasiswa juga melalui program TABE itu,” bebernya.

Senada dengan hal itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kalteng, Muhammad Reza Prabowo menambahkan, bantuan sembako pada bulan ini dialokasikan sebanyak 2000 paket.

“Penyaluran diserahkan kepada masing-masing HIMA (Himpunan Mahasiswa) yang sudah ada di kota Palangka Raya, ada HIMA Kapuas, HIMA , HIMA , Seruyan dan sebagainya yang ada di Kalteng, yang di luar Provinsi Kalteng, ada HIMA juga beberapa kita drop (salurkan), seperti di Sumatra Utara, ada juga HIMA Papua juga kita support,” jelasnya.

Bantuan sembako ini, lanjut Reza, sebagai bentuk kepedulian Gubernur H. Sugianto Sabran di bidang pendidikan. Sehingga para mahasiswa bisa fokus untuk melanjutkan pendidikan tanpa hambatan.

“Bantuan protein masih kita formulasikan, tapi sebagaimana petunjuk Gubernur untuk bantuan protein dialokasikan 3 bulan sekali, entah itu dalam bentuk daging sapi, daging ayam, ikan, dan juga mungkin telur,” ungkapnya. (asp)