Diharapkan Sebisa Mungkin Antisipasi Kebencanaan Sejak Dini

Anggota DPRD kota Palangka Raya, Anna Agustina Elsye

, PALANGKA RAYA – Anggota DPRD kota Palangka Raya, Anna Agustina Elsye meminta Pemerintah kota Palangka Raya gencar mensosialisasikan terkait mitigasi sejak dini, misalnya upaya pencegahan banjir maupun hutan dan lahan () yang sering melanda di kota Palangka Raya.

“Edukasi kebencanaan bagi anak usia dini perlu diberikan , agar secara dini dapat menyerap pengetahuan jenis bencana , sasaran utamanya adalah anak-anak remaja apalagi di sejumlah titik di daerah kita yang sering menjadi langganan bencana banjir dan Karhutla,” ucapnya, Kamis (24/2/2024).

Ia menuturkan sekolah sebagai institusi harusnya tidak hanya memberikan pelajaran, pengetahuan hingga pemahaman, tetapi juga harus mampu memberikan ketrampilan untuk kelangsungan hidup bagi siswa ketika sudah terjun ditengah masyarakat.

Edukasi Mitigasi ini juga merupakan ketrampilan untuk kelangsungan hidup peserta didik, sebab peserta didik orang yang cepat menerima ilmu yang didapat dari sekolah untuk dan masyarakat.

“Maka dari itu dengan mitigasi sejak dini ini jadi langkah awal dalam membangun kesadaran masyarakat akan bencana,” tambahnya.

Legislator ini mengungkapkan ketika terjadi bencana diharapkan peserta didik, guru, dan masyarakat tidak lagi merasa kebingungan, panik karena sudah memahami bagaimana cara mengurangi resiko terkena bencana.

“Dalam hal Ini sangat penting dan di perlukan untuk menanamkan mitigasi bencana yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik, sejak dini di sekolah dapat dilakukan dengan berbantuan media seperti cerita bergambar, latihan simulasi-simulasi ringan, hingga menyisipkan materi mitigasi bencana ke dalam materi ,” ungkapnya. (udi)