Faridawaty Ingatkan Masyarakat Waspada Penipuan Melalui Medsos

Wakil Ketua III DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng), Faridawaty Darland Atjeh (ist)

BALANGANEWS, PALANGKA RAYA – Maraknya aksi yang dilakukan oleh oknum-oknum tak bertanggung jawab melalui media (Medsos) membuat banyak masyarakat yang dirugikan.

Untuk itu, Wakil Ketua III DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng), mengingatkan serta mengajak masyarakat supaya tetap waspada terhadap berbagai jenis aksi penipuan melalui medsos.

“Masyarakat harus teliti dan waspada ketika ada yang menghubungi dengan mengatasnamakan saudara atau menawarkan barang dan sebagainya, jangan dulu mudah percaya,” katanya, Minggu (3/3/2024).

Ia menyebutkan, bahwa saat ini ada banyak penipuan yang dilakukan oknum tak bertanggung jawab diantaranya dengan menduplikat akun medsos seperti maupun .

Menduplikat akun medsos itu mulai dari milik masyarakat biasa hingga pejabat dan menghubungi orang-orang terdekat seperti teman maupun yang bersangkutan, apabila tidak waspada maka akan tertipu.

Diceritakan Farida, bahwa dirinya pernah mengalami hal serupa baru-baru ini, ada oknum tak bertanggung jawab yang menduplikat nomor WhatsApp miliknya, dan sempat menghubungi sejumlah orang.

“Di sini saya pastikan bahwa akun atau nomor WhatsApp itu bukan milik saya, kemungkinan ada yang sengaja mengatasnamakan saya untuk menipu orang-orang, ini yang harus diwaspadai,” jelasnya.

Ketua DPW Partai Kalteng ini berharap, aksi penipuan seperti tersebut dapat diatasi oleh pemerintah maupun aparat penegak baik dengan melacak akun atau nomor-nomor yang diduga untuk menipu tersebut.

“Itu penting dan perlu dilakukan agar tidak ada lagi kedepan masyarakat yang tertipu, kita pastinya mendukung pemerintah maupun aparat penegak hukum memberantas aksi penipuan ini,” pungkasnya. (asp)