Desakan Pembangunan Asrama Mahasiswa Katingan, Pj Bupati Sambut Positif

Asrama Putra Mahasiswa Kabupaten Katingan di Kota Palangka Raya

, – Ketua Umum Himpunan Mahasiswa (HIMA) di Kota Palangka Raya, Pingki mengatakan, bahwa mahasiswa yang berasal dari Katingan yang berkuliah di Palangka Raya sepakat untuk meminta pemerintah daerah untuk melakukan asrama mahasiswa putri.

Pingki mengatakan, bahwa pihaknya sudah melaksanakan kegiatan forum aspirasi secara online melalui media Google Forms yang diisi oleh 361 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Kota Palangka Raya.

Dalam hasil kesimpulan forum online itu katanya, sebanyak 356 mahasiswa sepakat bahwa pembangunan asrama mahasiswa putri di Palangka Raya serta perluasan dan renovasi asrama mahasiswa putra menjadi prioritas utama.

“Melalui Google Forms, kami dapat merangkul partisipasi dari berbagai kampus tanpa dibatasi oleh jarak dan waktu,” ujar Pingki, Minggu (3/3/2024).

Para mahasiswa juga, sambungnya, sepakat untuk mengangkat isu renovasi asrama mahasiswa putra. Kondisi bangunan yang sudah tua dan ketersediaan fasilitas yang kurang memadai menjadi fokus perbincangan dalam forum daring tersebut.

“Diharapkan hasil desakan dari 356 mahasiswa melalui forum daring ini dapat menjadi dasar kuat untuk mendorong respons positif dari pemerintah daerah , dan pemangku kepentingan terkait,” imbuhnya.

Menanggapi hal tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan sangat menyambut baik usulan atau harapan dari yang berkuliah di Palangka Raya.

“Usulan atau harapan para mahasiswa untuk renovasi asrama tentu sangat baik dan patut untuk didukung. Hanya saja untuk bisa dilaksanakan di tahun 2024 relatif sulit karena alokasi untuk pembangunannya tidak tersedia,” kata Pj Bupati Katingan, Syaiful.

Kendati, dirinya menambahkan, untuk tahun selanjutnya sangat mungkin bisa dianggarkan untuk pembangunan dan renovasi asrama mahasiswa Katingan di Palangka Raya.

“Adapun untuk tahun 2025 maka sangat memungkinkan untuk bisa dilaksanakan atau diwujudkan,” demikian Syaiful. (asp)