Kabid Humas Beri 5 Tips Pendidikan Media Sosial untuk Anak

, Maraknya penggunaan ponsel di kalangan anak-anak mendapat perhatian dari Polda Kalimantan Tengah.

Guna meningkatkan kesadaran dan keamanan bagi anak-anak yang bermain , Polda , Kombes Pol Erlan Munaji, memberikan lima tips penting yang bisa dilakukan bagi para orang tua.

Pertama orang tua harus memberikan penjelasan yang komprehensif tentang dampak positif dan negatif dari penggunaan media kepada anak-anak mereka.

Kedua, mengajarkan anak-anak untuk menjaga privasi mereka di media sosial adalah langkah penting untuk melindungi mereka dari risiko online.

Ketiga, anak-anak perlu diajarkan tentang etika berkomunikasi dan berperilaku yang baik di media sosial, termasuk menghormati orang lain.

Keempat, mengajak anak berdiskusi tentang konten media sosial dapat membantu mereka mengembangkan kemampuan berpikir kritis.

Kelima, menetapkan batasan waktu penggunaan media sosial dapat mencegah anak-anak dari kecanduan dan memastikan mereka memiliki waktu untuk aktivitas lain.

“Orang tua harus memberikan contoh terlebih dulu bagi anak. Karena harus berawal dari rumah dan terdekat,” katanya, Selasa (5/3/2024).

Tentunya dalam hal ini, lanjut Erlan, orang tua diwajibkan menjadi role model dengan menggunakan media sosial secara baik dan bijak.

“Kita tidak bisa lari dari perkembangan teknologi sehingga anak-anak kita harus diberikan contoh yang baik dalam menggunakan media sosial,” pungkasnya. (yud)