75 UMKM Meriahkan Ramadhan Fest yang Digelar Pemprov Kalteng

BALANGANEWS, PALANGKA RAYA – Sebanyak 75 Usaha Mikro Kecil Menengah () memeriahkan kegiatan Ramadhan Festival (Ramadhan Fest) 2024 yang digelar oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah ( Kalteng).

Kepala Provinsi Kalteng, Norhani mengatakan, 75 UMKM itu terdiri dari 27 UMKM aneka kue, 22 UMKM makanan siap saji, 13 UMKM minuman, dan 11 UMKM kriya.

“Selain itu, diikuti juga 5 OPD yaitu Disdagperin, Dinas Ketahanan , Dinas TPHP, Dislutkan, serta Koperasi Betang Tani Tabela, yang berada di halaman ,” ucapnya, Selasa (12/3/2024).

Norhani berharap, dengan adanya kegiatan Ramadhan Fest 2024 ini dapat membantu membangkitkan UMKM di Kalteng, serta sebagai sarana promosi dan wisata menjelang berbuka puasa.

“Selain sebagai saran promosi dan juga wisata kuliner menjelang berbuka puasa,” ungkap Norhani.

Kegiatan Ramadhan Fest ini dibuka oleh Gubernur Kalteng, H. dan didampingi oleh Ketua TP-PKK Provinsi Kalteng, Ivo Sugianto Sabran di Halaman Istana Isen Mulang Rumah Jabatan Gubernur Kalteng, Selasa (12/3/2024).

Pada kesempatan itu Gubernur Kalteng mengajak semua yang hadir agar berbagi dengan sesama di bulan suci Ramadan.

“Jika kita mengikuti akhlak Rasulullah, maka kita akan selamat dunia dan akhirat,” ucapnya.

Sebelumnya, Panitia Pelaksana Kegiatan, H. menyampaikan tujuan diadakannya Kalteng Ramadhan Festival 1445 H 2024 ini, yaitu antara lain untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap bulan suci Ramadan dan juga sekaligus dalam rangka meningkatkan perekonomian daerah serta budaya masyarakat Kalteng.

Ia menyampaikan bahwa Kegiatan Festival Ramadhan 1445 H 2024 ini akan dilaksanakan dari 1-7 Ramadan, sedangkan Bazaar dan Pasar Takjil dilaksanakan mulai 1 sampai dengan tanggal 21 Ramadhan berlokasi di Bundaran Besar/Jalan D.I. Panjaitan Kota Palangka Raya. (asp)