BI Kalteng Komitmen Perkuat dan Tingkatkan Literasi

, PALANGKA RAYA (BI) Provinsi Kalimantan Tengah () telah tandatangani MoU bersama Dinas dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah dan 5 penerima BI Corner, di kantor BI setempat, Senin (22/4/2024).

Adapun 5 penerima BI Corner, yaitu SMK Negeri 1 Palangka Raya, SMK Negeri 2 Palangka Raya, SMK Negeri 3 Palangka Raya, SMK Negeri 4 Palangka Raya, dan .

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalteng, Taufik Saleh mengatakan, penandatanganan tersebut dilakukan dalam upaya memperkuat layanan perpustakaan dan meningkatkan .

Ia menambahkan, bahwa berkomitmen secara terus-menerus dalam memperkuat jaringan kerjasama perpustakaan dengan berbagai instansi dan perpustakaan di Kalteng.

“Oleh karenanya, pada tahun ini diinisiasikan Kerjasama Bank Indonesia dengan Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah serta BI Corner dari SMK dan MA yang disahkan dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama. Kerjasama ini dilakukan dengan silang layanan koleksi dan kegiatan literasi yang lebih luas dan berkelanjutan,” ucapnya.

Penandatanganan MoU Kerjasama juga turut dibingkai menjadi agenda bertajuk Festival Literasi Harati. Agenda yang diadakan setiap tahun menjadi wadah untuk mempromosikan budaya membaca dan menumbuhkan minat literasi di kalangan masyarakat, khususnya generasi muda.

Pada kesempatan kali ini, Festival Literasi Harati dirayakan dengan kegiatan lomba video resensi buku untuk mahasiswa di berbagai SMA dan MA yang memiliki BI Corner.

“Diharapkan dengan pelaksanaan lomba ini dapat menginspirasi dan memberdayakan lebih banyak orang untuk menjadi pembaca yang kritis dan produktif, serta menghidupkan BI Corner,” tutup Taufik. (asp)