Sinergi BI dan Kalteng Expo Dorong UMKM Naik Kelas

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalteng, Taufik Saleh

, – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kalimantan Tengah () kembali menyelenggarakan kegiatan promosi UMKM bertajuk Pesona Tambun Bungai (PTB).

Tahun 2024 ini, PTB bersinergi dengan salah satu Festival , yang dihelat oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Kalteng, yaitu .

Kepala Perwakilan BI Kalteng, Taufik Saleh mengatakan, kegiatan yang akan berlangsung selama 11-15 Mei 2024 di Lokasi Pameran Temanggung Tilung, Palangka Raya ini diharapkan menjadi salah satu katalis untuk promosi potensi bisnis, daerah, dan produk lokal yang lebih masif kepada masyarakat.

“Berbagai agenda kegiatan juga turut disiapkan untuk memeriahkan pesta rakyat kali ini. Kalteng Expo tidak hanya mempersiapkan doorprize maupun pameran UMKM, namun juga penampilan bertabur bintang yang siap menghibur masyarakat Kalteng, mulai dari penampilan tari daerah hingga pertunjukan dari band papan atas,” ucapnya, Sabtu (11/5/2024).

Harapannya, animo masyarakat meningkat pada pelaksanaan kegiatan sehingga mampu mendorong optimisme UMKM dan daya dukung ekonomi Kalteng lebih tinggi.

Sebagai salah satu instansi yang terus mengupayakan sinergi lintas instansi dan pengembangan UMKM daerah agar senantiasa naik kelas, BI Kalteng tahun ini, kata Taufik, turut berkolaborasi dan menjadi partner aktif dalam perhelatan Kalteng Expo.

“Berlokasi di tengah-tengah area pameran, BI Kalteng telah menyediakan arena pameran UMKM kriya, wastra, maupun makanan-minuman yang merupakan mitra dan binaan khusus,” ujarnya.

UMKM tersebut jelas Taufik, tidak sembarang dipilih oleh BI Kalteng, namun juga telah lulus kurasi khusus, dan sebagian bahkan telah diikutsertakan dalam pameran UMKM nasional maupun internasional.

Selain dapat menikmati ragam pilihan UMKM berkualitas, para pembeli yang bertransaksi di booth BI Kalteng memiliki kesempatan untuk mendapatkan doorprize yang akan diundi di akhir Kalteng Expo, khususnya jika melakukan transaksi pembelian jika menggunakan pembayaran non digital .

Taufik menegaskan, PTB x Kalteng Expo 2024 merupakan wujud komitmen BI Kalteng dalam mendukung pengembangan ekonomi Kalteng melalui kerjasama yang lebih erat dengan pemda.

“Dengan semangat kolaborasi dan partisipasi aktif dari seluruh pihak, diharapkan kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kalimantan Tengah,” tandasnya. (asp)