Warga Nanga Bulik Harapkan Solusi Pembukaan Lahan Tanpa Bakar

Anggota DPRD Kalteng, Jubair Arifin (ist)

BALANGANEWS, – Masyarakat di Kelurahan Nanga Bulik, Kabupaten , menyuarakan harapan mereka terkait pembukaan lahan tanpa menggunakan metode .

Anggota Kalimantan Tengah (), , menyoroti kebutuhan akan solusi dari pemerintah daerah untuk mengatasi masalah tersebut.

Dia menegaskan bahwa metode pembakaran yang masih banyak digunakan oleh masyarakat dapat berdampak pada konflik hukum.

“Masyarakat disana sangat mengharapkan adanya solusi itu, sehingga nantinya ketika membuka lahan, mereka tidak lagi menggunakan metode dengan cara dibakar tapi dengan cara lain,” ucapnya, Sabtu (11/5/2024).

Jubair menekankan pentingnya respons positif dari pemerintah terhadap aspirasi masyarakat tersebut, karena hal ini berkaitan langsung dengan kelangsungan usaha mereka.

Sebagai solusi, Anggota fraksi partai ini mengusulkan pemberian bantuan alat mesin pertanian modern dan mengajak masyarakat untuk menetap di satu lahan tanpa harus berpindah-pindah.

“Saya rasa itu bisa jadi salah satu solusi, dengan adanya bantuan alat mesin pertanian maka masyarakat akan mudah membuka lahan tanpa harus membakar, dan juga yang penting harus menetap,” pungkasnya. (asp)