Buka Kalteng Expo 2024, Wagub Dorong UMKM Tingkatkan Inovasi

Wakil Gubernur Kalteng, Edy Pratowo saat diwawancarai usai membuka kegiatan Kalteng Expo dan meninjau beberapa stand-stand pada kegiatan tersebut

, – Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Tengah (), secara resmi membuka Tahun 2024, di Area Pameran Temanggung Tilung, Palangka Raya, Sabtu (11/5/2024).

Dalam sambutannya, Edy Pratowo menyampaikan, bahwa Kalteng Expo adalah agenda rutin tahunan Pemprov Kalteng, dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Provinsi Kalimantan Tengah yang pada tahun ini menginjak usia ke-67 tahun.

“Kegiatan ini juga sekaligus salah satu upaya untuk mendukung Program Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI),” tambah Wagub.

Lebih lanjut jelas Edy Pratowo, Kalteng Expo ini diselenggarakan sebagai ajang promosi dan informasi peluang investasi bagi komoditas unggulan daerah, dengan tujuan antara lain untuk menciptakan wahana interaksi antara pelaku usaha, pembeli, dan investor, dalam rangka mendorong masuknya investasi ke Kalteng.

Yang diharapkan volume perdagangan produk unggulan daerah, industri, SDM, dan sektor-sektor lainnya di Kalimantan Tengah dapat meningkat.

“Sehingga memperkuat kemitraan antar pelaku usaha, digitalisasi pemasaran, dan optimalisasi produk unggulan daerah, serta mengajak masyarakat lebih mencintai produk dalam negeri dan lokal daerah, terlebih di era pasar bebas saat ini,” ujarnya.

Dikatakannya Wagub, dengan digelarnya Kalteng Expo, diharapkan dapat memacu produk lokal agar terus meningkatkan kualitas, kreativitas, dan produktivitas, sehingga mampu menarik calon pembeli dan investor untuk melakukan transaksi dagang dan investasi di Kalteng.

Kemudian, lanjutnya, mendorong para pelaku usaha UMKM dan IKM untuk terus mengikuti perkembangan zaman dan permintaan pasar, serta meningkatkan inovasi dan nilai tambah produk, seperti produk ramah , produk peduli kesehatan, hingga melahirkan brand atau merk baru.

Meningkatkan kemampuan dan profesionalisme SDM di sektor jasa, khususnya bidang perdagangan dan investasi, guna mempromosikan potensi daerah Kalimantan Tengah.

“Kita harapkan bersama, rangkaian kegiatan Kalteng Expo 2024 ini dapat berlangsung lancar, sukses, dan berjalan lebih baik, khususnya peningkatan nilai transaksi produk-produk yang dipamerkan, serta manfaat terhadap kemajuan para pelaku UMKM dan IKM Kalimantan Tengah di tengah persaingan pasar global,” tandasnya.

Sementara itu, Plt. Kepala dan Perindustrian Provinsi Kalteng, Rangga Lesmana menyampaikan, kegiatan Kalteng Expo 2024 diselenggarakan di arena pameran Temanggung Tilung Palangka Raya, dari tanggal 11-15 Mei 2024.

Ia menuturkan, ada berbagai stand yang diisi oleh peserta dari SOPD Provinsi, Kabupaten/kota se-Kalteng, Instansi Vertikal, Corporate, dan Stand Outdoor diisi oleh POLRI, TNI, Dunia Usaha/IKM/UMKM berasal dari Kalteng maupun dari luar Kalteng, serta Pasar Rayat.

Selain itu tambah Rangga, dalam rangkaian Kegiatan Kalteng Expo 2024 kali ini, juga mengadakan Pameran Kesempatan Kerja, dan Pelatihan Pra Kerja 2024 untuk 20.000 orang serta peluang untuk bekerja di Jepang dengan kuota 500 orang.

“Kegiatan Pameran Kesempatan kerja dan Pelatihan Pra Kerja merupakan salah satu upaya Pemerintah dalam rangka menekan dan mengurangi angka pengangguran serta meningkatkan kompetensi kerja dan kewirausahaan yang ditujukan untuk pencari kerja di Kalimantan Tengah,” tandasnya. (asp)