Jelang Event UCI MTB, Polda Kalteng Lakukan Risk Assessment Sirkuit SG1973

BALANGANEWS, – Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Tengah () memastikan keamanan Sirkuit SG1973 untuk ajang UCI Mountain Bike (MTB) Eliminator seri ke-3 di Kota Palangka Raya pada Minggu (19/5/2024).

Untuk memastikan hal itu, melakukan risk assessment atau penilaian risiko bahaya, yang dilakukan oleh Direktorat Pengamanan Objek Vital atau Ditpamobvit Polda bersama bersama panitia pelaksana.

“Tujuan dari risk assessment ini adalah untuk melihat sejauh mana kesiapan penyelenggaraan kegiatan besar ini dan menilai semua potensi risiko bahaya,” kata Direktur , Kombes Pol Elijas, Selasa (14/5/2024).

Ia mengatakan, pihaknya akan menilai semua potensi risiko bahaya dan mencoba melihat persiapan oleh panitia untuk mengantisipasi semua resiko.

“Nanti, kita bersama-sama dengan pihak panitia akan memberikan masukan guna mengantisipasi risiko bahaya itu,” ujar Elijas.

Dia menilai dalam mengadakan kegiatan besar seperti ini, risk assessment menjadi hal yang penting untuk dilakukan agar dapat memastikan keamanan, kenyamanan, dan kelancaran kegiatan. Sehingga, kegiatan Eliminator dapat berlangsung sukses dan meriah.

Elijas menekankan bahwa pihaknya akan memberikan dukungan pengamanan mulai dari H-1, dari bandara menuju hotel, dari hotel menuju sirkuit, dan sebaliknya, serta saat para peserta kembali lagi ke bandara.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Kalteng, melalui Ketua Harian, menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran Polda Kalteng atas dukungan mereka terhadap kegiatan UCI Mountain Bike Eliminator series ke-3 dari 8 series.

Ia juga menyampaikan rencana untuk melibatkan pengamanan swadaya masyarakat dan pengamanan sebagai bentuk dukungan dari masyarakat atas penyelenggaraan kegiatan ini.

“Kami rencananya juga akan melibatkan pengamanan swadaya masyarakat, termasuk pula melibatkan pengamanan adat. Hal ini kami maksudkan sebagai bentuk dukungan dari masyarakat atas penyelenggaraan kegiatan ini,” ungkapnya. (asp)