Pemprov Kalteng Beri Pelatihan ke Pengurus BUMDes

, – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah ( ) memberikan pelatihan peningkatan kapasitas pengurus Badan Usaha Milik Desa () se-Provinsi, di Bahalap Hotel, Palangka Raya, Kamis (16/5/2024).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Kalteng, Aryawan mengatakan, tujuan kegiatan tersebut adalah memberikan pemahaman tentang entitas badan usaha milik desa, alasan pendiriannya, serta mengelola dan operasional badan usaha milik desa.

Kemudian sambungnya, memahami konsep dasar untuk pengelolaan badan usaha milik desa.

“Selanjutnya memahami pola pengembangan badan usaha milik desa, dan mampu menyusun rencana usaha serta membuat proyeksi dan pendapatan pada badan usaha milik desa,” ucapnya.

Aryawan mengharapkan, pengurus BUMDes mampu memilih unit usaha dan pola pengembangan BUMDes serta mengoptimalkan pemanfaatan potensi sumber daya alam dan modal yang dimiliki desa demi kesejahteraan.

“Serta membantu menciptakan lapangan kerja baru guna menurunkan angka kemiskinan serta pengangguran,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalteng, Nuryakin menambahkan, bahwa Peran BUMDes di desa sangat lah penting dan strategis sekali.

Dia menambahkan, BUMDes didirikan dengan harapan bisa melaksanakan pengelolaan usaha-usaha, pengembangan dan produktivitas perekonomian, serta pemanfaatan potensi desa untuk sebesar-besarnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

“Peran BUMDes sebagai lembaga perekonomian di desa sangat diharapkan dapat mampu menumbuh kembangan perekonomian desa dengan memanfaatkan potensi desa,” tandasnya. (asp)