Pj Bupati dan Ketua TP PKK Barito Utara Hadiri FBIM 2024 di Palangka Raya

, – Pj Bupati Drs Muhlis dan ibu Marsiana Muhlis menghadiri Pembukaan Festival Budaya Isen Mulang () tahun 2024 yang diikuti oleh semua kabupaten/kota se Kalimantan Tengah.

Dimana kegiatan FBIM tersebut dibuka secara resmi oleh Gubernur Kalimantan Tengah H Sugianto Sabran di halaman GOR Serbaguna Palangka Raya, Sabtu (18/5/2024) malam.

Dalam pembukaan FBIM tahun 2024, Pj Bupati didampingi Kepala Dinas Budparpora, Kepala Dinas Kominfosandi, Camat Teweh Tengah, Camat Gunung Purei dan Camat Lahei.

“FBIM ini dilaksanakan dalam rangka memperingati hari jadi ke 67 dan sebagai upaya melestarikan nilai-nilai tradisi seni dan budaya Kalimantan Tengah,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Prov Kalteng Adiah Chandra Sari.

Kegiatan FBIM ini kata dia dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Jadi Kalteng ke-67 dan sebagai upaya melestarikan nilai-nilai tradisi seni dan budaya Kalteng.

“Kegiatan ini menjadi sarana yang baik untuk memperkenalkan potensi dan keunggulan pariwisata yang ada di Kalimantan Tengah dan juga mampu menggugah dan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam melestarikan nilai-nilai seni, tradisi dan budaya yang ada di Kalimantan Tengah,” kata Adiah Shandra Sari.

Pembukaan FBIM tahun 2024 ditandai dengan penabuhan Katambung oleh Gubernur Kalimantan Tengah didampingi oleh Wakil Gubernur Edy Pratowo yang mana sebelumnya menampilkan defile dari 13 kabupaten dan 1 kota se Kalteng. Pembukaan FBIM tahun 2024 dimeriahkan oleh artis ibu kota dan grup Band Ungu.

Dalam sambutannya, Gubernur Kalimantan Tengah H Sugianto Sabran menyampaikan ajang ini sebagai ajang kreativitas bagi para pelaku seni, budaya dalam mengekspresikan seni lokal daerah yang menggabungkan unsur tradisional kearifan lokal dan seni modern.

“FBIM tahun 2024 sebagai ajang kreativitas bagi para pelaku seni, budaya dalam mengekspresikan seni lokal daerah yang menggabungkan unsur tradisional kearifan lokal dan seni modern dan juga dalam memperingati Hari jadi Provinsi Kalimantan Tengah ke 67 tahun,” kata Sugianto Sabran.

Dikatakan Gubernur Kalteng saat ini Provinsi Kalteng terus bergerak dan melakukan perubahan, berinovasi serta kreatif, bukan hanya sebagai seremoni, tetapi juga menjadi kekuatan pariwisata daerah, , bahkan mancanegara.

“Kita terus rubah Kota Palangka Raya, jantungnya Provinsi Kalimantan Tengah. Nanti di Bundaran Besar akan ada Pekan Budaya setiap minggunya dan di Kilometer 26 Insya Allah akan dibangun universitas yang representatif, yang bisa menyaingi lima besar universitas yang ada di Indonesia,” ujarnya.

Sementara Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis mengapresiasi Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah yang menyelenggarakan kembali FBIM tahun 2024 yang merupakan salah satu cara untuk melestarikan tradisi budaya suku dayak.

“Dengan melalui berbagai kegiatan pertunjukan lomba-lomba tradisional, hal ini menunjukan semangat memajukan kebudayaan, pariwisata dan kreatif Provinsi Kalimantan Tengah,” kata Pj Bupati Muhlis.

Pada kesempatan itu juga Pj Bupati Muhlis menyampaikan selamat bertanding untuk kontingen Kabupaten Barito Utara.

“Semoga hasilnya nanti bisa membanggakan Kabupaten Barito Utara dan meraih juara pada cabang lomba yang diikuti,” harap Drs Muhlis. (ads)