Ketua DPRD Doakan Kalteng Semakin Jaya dan Maju

Ketua DPRD Kalteng, Muhammad Wiyatno (paling kanan) saat menghadiri upacara peringatan Hari Jadi Provinsi Kalteng ke-67 tahun, di halaman Kantor Gubernur setempat

, – Ketua Kalimantan Tengah (), H. Muhammad menghadiri upacara peringatan Hari Jadi ke-67 Provinsi Kalteng, di Halaman Kantor setempat, Senin (27/5/2024).

Pada kesempatan itu, Wiyatno menyampaikan selamat Hari Jadi untuk Provinsi Kalteng. Dia berdoa agar Provinsi yang berjuluk Bumi Tambun Bungai ini semakin jaya dan maju kedepannya.

“Selamat hari jadi Provinsi Kalimantan Tengah ke-67, semoga Provinsi Kalimantan Tengah semakin jaya dan maju,” ucap Wiyatno.

Dia menuturkan, dengan bertambahnya usia Provinsi Kalteng ke-67 pada 23 Mei 2024, menandakan banyaknya kemajuan dan keberhasilan yang dilakukan bagi kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat daerah.

Wiyatno juga menjelaskan, bahwa tantangan pembangunan Provinsi Kalteng ke depan tidaklah mudah, kemajuan IPTEK yang demikian telah berdampak pada semua dimensi kehidupan.

“Sangat diperlukan kemampuan penyesuaian diri (adaptasi) agar eksis dan unggul dalam kompetisi dan meraih kemanfaatan,” katanya.

Lebih lanjut, dibutuhkan perubahan paradigma berpikir atau paradigma shift, karena menyadari bahwa perubahan secara individu ataupun kolektif pada pola fikir (mindsetting) dan perubahan paradigma atau cara memandang kehidupan akan sangat menentukan arah dalam membangun daerah ini.

Wiyatno menyebutkan, bahwa Kalteng memiliki potensi dan peluang emas untuk maju dan sejajar dengan provinsi-provinsi terkemuka lain di Indonesia, manakala mampu memanfaatkan situasi dan peluang.

Kehadiran Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur tidak hanya menempatkan Kalteng sebagai provinsi penyangga tetapi menjadi bagian dari ikn itu sendiri, mengingat luas wilayah, sumber daya alam Kalteng yang potensial.

“Dibutuhkan pemikiran-pemikiran cerdas, kreatif, inovatif serta keberanian mengambil keputusan berdasarkan kerangka berpikir ilmiah berwawasan masa depan. Mari kita bersama-sama bekerja keras, ikhlas untuk kalteng lebih baik menuju Kalteng Emas dan Indonesia Emas 2045,” tandasnya. (asp)