Ratusan Masyarakat Flamboyan Bawah Serbu Pasar Murah Pemprov Kalteng

Masyarakat Flamboyan Bawah saat mengantre untuk mendapatkan paket sembako di Pasar Murah, yang digelar oleh Pemerintah setempat

, – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah ( ) melalui dinas terkait menggelar yang dilaksanakan, di kawasan Flamboyan Bawah, , Palangka Raya, Jumat (7/6/2024).

Pasar murah ini dilakukan oleh Pemprov Kalteng dalam rangka membantu masyarakat mendapatkan bahan pokok yang terjangkau, terlebih menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 H/2024 M.

Nampak ratusan masyarakat yang berada di sekitar Flamboyan Bawah dengan tertib mengantre, untuk mendapatkan bahan pokok yang digelar pada operasi pasar murah tersebut.

Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran melalui Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Aryawan mengatakan, operasi pasar murah diadakan untuk membantu masyarakat mendapatkan bahan pokok.

“Kita tentu tahu jelang hari raya Idul Adha ini, hampir semua kebutuhan pokok mengalami kenaikan harga yang cukup tinggi,” ujarnya kepada awak media.

Pemerintah lanjut Aryawan, mempunyai kewajiban membantu masyarakat, dengan gencar menggelar pasar murah, sehingga masyarakat bisa mendapatkan bahan pokok dengan harga terjangkau.

“Pemerintah punya kebijakan dalam melaksanakan pasar murah yang mana harga paket sembakonya masih bisa dijangkau masyarakat,” tuturnya.

Pada kesempatan ini, khusus di Kelurahan Langkai dibagikan 1000 paket sembako kepada masyarakat yang diberikan secara bertahap yakni tahap pertama sebanyak 500 paket terlebih dahulu.

Sementara itu, Lurah Langkai, menyampaikan terima kasih kepada Pemprov Kalteng, Pemerintah Kota melalui instansi terkait yang telah mengadakan Pasar Murah.

“Pada operasi pasar murah ini masyarakat mendapatkan 10 Kg Beras, 1 Kg Gula Pasir, 1 liter Minyak Goreng dalam bentuk paket,” ucap Sri Wanti.

Dia menyebut, untuk mendapatkan paket ini, pihaknya telah memberikan kupon kepada RT setempat, untuk diberikan kepada masyarakat.

“Kami mengharapkan kegiatan pasar murah dapat berlanjut, karena kegiatan ini sangat membantu masyarakat mendapatkan bahan pokok dengan harga terjangkau,” ungkapnya.

Sebagai informasi, pada pasar murah hari ini, disalurkan beras premium 10 kg, gula 1 kg dan minyak goreng 900 ml dengan total harga Rp200.000, dan disubsidi oleh Pemprov sebesar Rp180.000, sehingga masyarakat hanya membayar sebesar Rp20.000/per paket.

Diketahui juga, pasar murah di Kota Palangka Raya digelar serentak di 5 (lima) titik, diantaranya di Halaman Masjid Pahandut Seberang,, Flamboyan Bawah, Kantor Kelurahan Pahandut, Pelabuhan Rambang dan Bawah di Kelurahan Palangka. (asp)