Disdagperin Kalteng Terima Kunjungan Tim Peneliti dari SITH ITB

, – Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Provinsi Kalimantan Tengah () menerima kunjungan Tim Peneliti dari Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati Institut Teknologi Bandung (SITH-), Jumat (7/6/2024).

Kunjungan tim SITH ITB ini diterima langsung oleh Plt Kepala Disdagperin Provinsi Kalteng, Rangga Lesmana, di Kantor setempat. Kunjungan ini dalam rangka membahas Kajian Teknologi Tepat Guna untuk Industri Pengolahan Ikan di Kalteng.

Rangga Lesmana mengatakan, bahwa salah satu yang diprioritaskan di Provinsi Kalteng, adalah budidaya udang vaname (), yang mana perlu dipikirkan kajian teknologinya.

“Karena sudah ada pasar dan bahan bakunya agar berguna untuk meningkatkan pendapatan masyarakat dan pelaku usaha yang ada di Provinsi Kalimantan Tengah,” ucapnya.

Melalui kerja sama ini, sambung Rangga, diharapkan dapat menjadi referensi bagi Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah untuk mengembangkan, menyebarluaskan teknologi tersebut ke masyarakat.

“Serta hasil berupa laporan kajian nantinya dapat menjadi acuan bagi Pemerintah Provinsi dalam penerapan teknologi dan pengembangan roadmap wilayah,” sambungnya.

Berdasarkan data sentra yang pernah menjadi penerima Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Kementerian Perindustrian, ada 2 (dua) Sentra Pengolahan Ikan di Kalimantan Tengah yaitu Sentra Pengolahan Ikan di Kecamatan Kumai Kabupaten dan Sentra Pengolahan Ikan di Kecamatan Seruyan Hilir Kabupaten Seruyan.

Berbagai olahan ikan yang dihasilkan oleh -IKM yang berada di sentra tersebut antara lain Amplang, Kerupuk, Abon ikan, Pempek ikan dan Ikan fermentasi.

Adapun tim Peneliti dari Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati Institut Teknologi Bandung yang hadir dalam kunjungan ini, yaitu Maya Fitriyanti, Dzulianur Mutsla, Neil Priharto, dan Donny Kusuma Hardjani. (asp)