Gubernur Kalteng Gratiskan Paket Sembako Pasar Murah di Pelabuhan Rambang

BALANGANEWS, – Usai melaksanakan Shalat Jumat berjamaah di Masjid Luthfillah , Kalimantan Tengah (Kalteng), H. Sugianto Sabran membuka kegiatan pasar murah, di Pelabuhan Rambang Kelurahan Pahandut, Palangka Raya, Jumat (7/6/2024).

Gubernur Kalteng dalam sambutannya mengatakan, bahwa pasar murah ini dilaksanakan dalam rangka membantu masyarakat. Pada kesempatan tersebut Pemerintah Provinsi () Kalteng menyalurkan sebanyak 1000 paket sembako.

“Tetapi saya ingin disiapkan sebanyak 5000 paket, dan kalau bisa sebelum lebaran bisa dibagi kepada masyarakat yang tidak mampu,” ucapnya.

Dikatakannya, bahwa pelaksanaan pasar murah ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam rangka menekan kenaikan laju inflasi yang terjadi.

“Kemudian mengantisipasi kenaikan harga, dan membantu daya beli masyarakat, terutama menjelang hari besar seperti hari raya 1445 Hijriah yang akan segera datang,” sambungnya.

Selanjutnya paket sembako yang disalurkan oleh Gubernur kepada masyarakat tersebut berupa beras premium 10 kg, gula 1 kg, dan minyak goreng 900 ml dengan nilai Rp200.000/ paket, yang disubsidi oleh pemerintah sebesar Rp180.000, sehingga masyarakat cukup membayar Rp20.000.

Tetapi atas kebijakan Gubernur Sugianto Sabran, paket tersebut digratiskan. “Pada hari ini yang Rp20.000, itu saya digratiskan,” kata Gubernur.

Diketahui juga, pasar murah di Kota Palangka Raya digelar serentak di 5 (lima) titik, diantaranya di Halaman Masjid Pahandut Seberang, Flamboyan Bawah, Kantor Kelurahan Pahandut, Pelabuhan Rambang dan Bawah di . (asp)