Masyarakat Diharap Jaga Kebersihan Lingkungan Sekitar

Komisi C DPRD Palangka Raya, Hasan Busyairi (ist)

, – Komisi C Palangka Raya, Hasan Busyairi mengimbau kepada masyarakat agar tidak hanya mengandalkan Dinas setempat dalam upaya pencegahan Dengue ().

Dia menekankan pentingnya peran aktif masyarakat dalam menjaga kebersihan sekitar dan menerapkan prinsip 3M Plus untuk mengurangi risiko penularan DBD.

Legislator dari Partai ini menyoroti, bahwa pencegahan DBD bukanlah tanggung jawab tunggal Dinas Kesehatan, melainkan merupakan tanggung jawab bersama seluruh lapisan masyarakat.

“Perlunya kesadaran kolektif dalam menjaga kebersihan lingkungan, seperti menghilangkan tempat-tempat yang menjadi sarang nyamuk Aedes Aegypti, vektor penyebab DBD,” katanya, Rabu (12/6/2024).

Selain mengajak masyarakat untuk berperan aktif, Hasan Busyairi juga meminta pemerintah untuk lebih intensif dalam mensosialisasikan konsep 3M Plus kepada seluruh masyarakat.

“Konsep 3M Plus yang mencakup Menguras, Menutup, Mendaur Ulang, serta Plus (Pencegahan DBD dengan langkah tambahan) diharapkan dapat menjadi budaya hidup yang diterapkan secara luas oleh masyarakat Palangka Raya,” tandasnya. (asp)