3000 Lebih Personel Gabungan Amankan Kunker Presiden di Kalteng

Danrem 102/ Panju Panjung Brigjen TNI Iwan Rosandrianto, Kapolda Kalteng Irjen Pol Djoko Poerwanto, Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo, serta stakeholder terkait saat meninjau pasukan usai apel, Selasa (25/6/2024) siang

, PALANGKA RAYA – Korem 102/Panju Panjung, Polda dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng melaksanakan, apel gelar pasukan pengamanan dalam rangka kunjungan kerja (Kunker) Presiden H. Joko Widodo di Kalimantan Tengah (Kalteng), Selasa (25/6/2024) siang.

Hadir Danrem 102/ Panju Panjung Brigjen Iwan Rosandrianto, Irjen Pol Djoko Poerwanto, Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo, serta seluruh personel yang terlibat pengamanan, baik dari TNI, serta Instansi terkait.

Apel ini juga dilaksanakan secara serentak di Palangka Raya dan empat kabupaten lainnya, termasuk Sampit, , , dan (Kotim), yang merupakan tempat Kunker Presiden.

Danrem 102/ Panju Panjung Brigjen, TNI Iwan Rosandrianto, mengatakan pengamanan ini melibatkan sebanyak 3.800 personel gabungan, baik dari TNI, Polri dan Instansi terkait, guna memastikan kondusifitas dalam Kunker pada tanggal 26 dan 27 Juni 2024.

“Untuk jumlah pasukan yang gelar hari ini sesuai dengan jumlah pengamanan sebanyak 3.800 personel. Ini bukan jumlah titik, namun masih menunggu perkembangan yang menyesuaikan dinamika informasi rencana kegiatan kunjungan RI 1,” ucapnya.

Danrem menambahkan, Kegiatan apel gelar pasukan ini menunjukkan kesiapan Kalteng dalam menyambut kunjungan kenegaraan Presiden. Begitu pula dengan harapan segala agenda dapat berjalan lancar dan aman.

“Semoga apa yang telah diharapkan dapat dilaksanakan dengan lancar. Serta sinergi berbagai pihak yang bersangkutan,” tuturnya.

Sementara itu, Kapolda Kalteng, Irjen Pol Djoko Poerwanto menambahkan, bahwa apel ini digelar sebagai bentuk kesiapan dari segi sarana prasarana maupun personel, dalam rangka melakukan pengamanan rangkaian Kunker Presiden RI.

“Saya yakin seluruh personel yang bertugas di Kalimantan Tengah ini bisa melaksanakan pengamanan dengan baik dan maksimal,” ucap Kapolda.

Lebih dalam, Kapolda juga menekankan bahwa dalam melaksanakan pengamanan ini dibutuhkan kerjasama yang baik antar personel.

“Maka dari itu, saya meminta kepada seluruh personel yang bertugas untuk selalu menjaga komunikasi, kolaborasi dan koordinasi, demi suksesnya kegiatan ini,” ungkap Irjen Djoko. (asp)