Gubernur Kalteng: Keberadaan PBS Kepala Sawit Diharap Bawa Kesejahteraan

Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran saat menyampaikan sambutannya pada Pembukaan Borneo Forum yang digelar oleh GAPKI Kalimantan di Palangka Raya

, – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), H. , berharap keberadaan PBS Kelapa Sawit di Kalteng diharapkan dapat membawa kesejahteraan masyarakat dan kemajuan daerah.

Selain berfokus pada industri, PBS diharapkan dapat berperan aktif mendukung program-program strategis pemerintah, khususnya dalam sektor pendidikan dan kesehatan.

“Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah terus berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan dan pendidikan bagi masyarakat secara merata di seluruh wilayah kabupaten/kota. Salah satu langkah konkret yang dilakukan adalah pembangunan fasilitas rumah sakit dan universitas unggulan,” ujar Gubernur.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Kalteng, pada kegiatan yang diadakan oleh Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia () Regional Kalimantan, di Palangka Raya, dan dibuka oleh , Jumat (28/6/2024).

Lebih lanjut, menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah dan sektor swasta dalam mewujudkan tujuan pembangunan yang berkelanjutan.

“Keberadaan PBS kelapa sawit diharapkan tidak hanya membawa keuntungan ekonomi, tetapi juga memberikan manfaat yang luas. Peran serta PBS dalam mendukung pembangunan fasilitas pendidikan dan kesehatan sangat diperlukan untuk memastikan peningkatan kualitas hidup masyarakat Kalteng,” tambahnya.

Sugianto Sabran juga menggarisbawahi komitmen pemerintah provinsi dalam menyediakan layanan kesehatan dan pendidikan yang berkualitas.

“Kami terus berusaha membangun dan memperbaiki fasilitas rumah sakit serta universitas unggulan di berbagai daerah, sehingga semua lapisan masyarakat dapat merasakan manfaatnya,” kata Gubernur Sugianto.

Ia berharap PBS kelapa sawit dapat ikut serta dalam program-program pemerintah, seperti mendirikan sekolah-sekolah dan pusat-pusat kesehatan di daerah terpencil.

“Dukungan dari sektor swasta sangat penting untuk mempercepat pembangunan dan mencapai target pelayanan kesehatan dan pendidikan yang merata,” tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Sugianto juga menyampaikan apresiasinya kepada PBS yang telah menunjukkan komitmen dalam membantu program pemerintah.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada PBS yang telah mendukung upaya kami dalam membangun daerah. Dengan kerja sama yang solid, kita bisa mewujudkan Kalimantan Tengah yang lebih maju dan sejahtera,” tandasnya. (asp)