Tahun 2024, Udang Vaname Ditargetkan Akan Diekspor Keluar Negeri

Plt Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kalteng, Rangga Lesmana, saat melihat budidaya udang vaname

, dan Perindustrian (Disdagperin) , saat ini tengah fokus fokus dalam melakukan Udang Vaname Berkah yang berada di Desa Sungai Raja Kabupaten agar berorientasi ekspor.

Plt Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kalteng, Rangga Lesmana melalui Foreign Trade Market Analyst (Analis Pasar Luar Negeri) Evelina Dian Mayasari, SS mengatakan, pihaknya optimis di tahun ini akan segera mengekspor Udang Vaname.

“Hal ini dilakukan sebagaimana arahan Gubernur Kalimantan Tengah H. untuk memperluas pasar Udang Vaname hingga keluar, kita akan melakukan ekspor, kemarin kita sudah koordinasi ke beberapa perusahaan dan kalau tidak salah terkait udang vaname ini sudah panen, jadi memang fokusnya vaname ini kita mau nembusnya ekspor untuk Udang Vaname ini,” ucapnya, Sabtu (29/6/2024).

Memang fokus saat ini untuk ke ekspor dan hal tersebut wajib, karena ekspor itu sendiri kenapa harus ke pasar ekspor karena kalau lokal ini harus deal-deal harga dulu, karena kalau untuk ke perusahaan-perusahaan besar yang lokalan, itu mereka ada update harga tiap minggu.

“Kalau kita cocok kirim, kalau tidak cocok kita bertahan beda kalau ekspor, kalau ekspor itu kita dapat buyer itu langsung di log, misalnya tidak mungkin setahun kontrak ekspor itu, palingan trail dulu pertama satu kontainer, kalau memang barang kita bagus itu mereka me log 3 sampai 5 tahun, dan itu wajib tiap bulan,” tambahnya.

Selain itu biasanya mereka minta tidak hanya satu kontainer, biasanya 5 kontainer 10 kontainer setiap bulan harus wajib ada kontrak, jadi itu ada kepastian jadi bisa di depan me log harga, bisa nge log kuantiti.

“Kalau saya lihat di Sukamara panennya besar, mungkin kalau tidak salah dari Juli hingga seterusnya panennya berapa ratus ton kalau saya lihat, jadi kalau melihat ini bagus sekali kalau diekspor dan itu yang menjadi rencana kita dalam tahap penjajakan,” ungkapnya. (udi)