Jelang PON, Tim Anggar Kalteng Jalani Uji Coba di Bandung

BALANGANEWS, – Tim cabang olahraga (Cabor) Anggar Kalimantan Tengah (Kalteng) yang akan bertanding di Pekan Olahraga (PON) XXI/2024 bertolak menuju Kota Bandung, Jawa Barat, untuk menjalani uji coba.

Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (IKASI) Kalteng, M. Rasad Samuel, menjelaskan bahwa para atlet akan menguji kemampuan mereka dengan melawan tim PON Bandung dalam rangka try out.

akan menjajal tim PON Bandung, Jawa Barat, sebagai uji coba try out keluar untuk melihat kemampuan individu atlet,” kata Rasad, Rabu (3/7/2024).

Uji coba ini dijadwalkan berlangsung selama satu minggu. Rasad menegaskan, bahwa tujuan utama dari kegiatan ini adalah mempersiapkan tim anggar Kalteng agar dapat meraih medali di /2024 yang akan diselenggarakan di Aceh dan Sumatra Utara.

“Kami ingin cabor anggar menjadi yang terbaik dalam PON XXI/2024 dengan menyumbang medali,” tambahnya.

Meskipun cabor anggar Kalteng selalu berhasil lolos mengikuti PON, termasuk PON Jawa Barat dan 2021, mereka belum berhasil menyumbang medali bagi Kalteng. Hal ini menjadi tantangan berat bagi atlet, pelatih, dan Pengprov IKASI Kalteng.

“Semoga PON XXI/2024 bisa membawa pulang medali karena ini menjadi kebanggaan seorang atlet, pelatih, juga Pengprov IKASI,” ujar Rasad.

Rasad juga menjelaskan bahwa Pemusatan Latihan Provinsi (Pelatprov) yang diselenggarakan oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia () Kalteng untuk cabor anggar telah berlangsung sejak awal Mei 2024.

“Selama empat bulan Pelatprov, kami akan memaksimalkan persiapan atlet anggar agar siap bertanding di yang jatuh pada September mendatang,” katanya.

Cabor anggar Kalteng berhasil meloloskan dua atlet menuju PON, yaitu Agung Reinaldy dan Hanna Enperwitasari. Kedua atlet ini berlatih di lapangan pameran, Jalan Temanggung Tilung, dan di halaman kantor Dispora Provinsi untuk melatih kelincahan dan pergerakan mereka.

“Doakan saja agar PON XXI/2024 cabor anggar bisa bermedali karena semua cabor punya tekad sama ingin jadi juara,” kata Rasad.

Ketua Umum , Rahmat Hidayat, meminta cabang olahraga memaksimalkan waktu yang tersisa empat bulan sebelum PON dimulai.

“Rentang waktu pemusatan latihan mulai Mei hingga akhir Agustus. Bagi cabor yang latihan di luar Kalteng, sebaiknya langsung menuju Aceh atau Sumatra Utara mengikuti PON sesuai tempat bertanding pada September mendatang,” ungkap Rahmat. (asp)