Ratusan Pelajar se-Kalteng Berlaga pada Selekda Pra-Popnas 2024 di Palangka Raya

BALANGANEWS, PALANGKA RAYA – Ratusan atlet pelajar dari seluruh Kalimantan Tengah (Kalteng) berlaga di seleksi daerah (Selekda) Pra Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Pra Popnas) 2024 yang berlangsung di Palangka Raya.

Acara ini dilaksanakan mulai 4 hingga 10 Juli 2024, dengan delapan cabang olahraga yang dipertandingkan, yaitu sepak , tenis, , tinju, , pencak silat, , dan sepak takraw.

Gubernur Kalteng, H. , melalui Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalteng, , mengungkapkan kebanggaannya atas partisipasi para atlet pelajar. Ia menekankan pentingnya menjaga kesehatan selama kompetisi berlangsung.

“Saya sangat bangga dapat berdiri di tengah atlet pelajar se-Kalteng yang nanti menjadi cikal bakal atlet nasional,” kata Hamka pada Kamis (4/7/2024).

Hamka menambahkan, Selekda Pra Popnas harus dijadikan momentum awal bagi para atlet pelajar untuk berjuang semaksimal mungkin dan menunjukkan kemampuan terbaik mereka untuk meraih juara.

“Junjung tinggi sportifitas, raih juara, jauhi narkoba dan slot online,” kata Hamka, mengingatkan pentingnya menjauhi hal-hal negatif yang dapat merusak masa depan atlet.

Lebih jauh, Hamka menyampaikan, bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng sedang merancang Desain Olahraga Daerah (DOD) yang akan diupayakan menjadi Peraturan Gubernur (Pergub) untuk mendukung perkembangan olahraga di Kalteng.

Sementara itu, panitia pelaksana Adi Nur Fajar menjelaskan bahwa Selekda Pra Popnas ini bertujuan untuk mempersiapkan yang nantinya akan mewakili zona 3 pada Pra Popnas tingkat nasional yang akan diselenggarakan di Kota Solo pada November 2024.

Atlet yang berhasil menjadi juara di Kota Solo, sambung Adi, akan melanjutkan perjuangannya di Popnas tingkat Nasional 2025 yang akan diadakan di Provinsi Aceh-Sumatra Utara.

“Jadilah sang juara dengan menjunjung tinggi nilai sportifitas,” kata Adi, mendorong para atlet untuk tetap bersemangat dan bersikap sportif dalam setiap pertandingan. (asp)