Kelurahan Panarung Ikuti Lomba Kampung Bersinar 2024

, akan berpartisipasi dalam Lomba Kampung Bersinar 2024. Ajang prestisius ini menilai berbagai aspek pengelolaan hidup dan pemberdayaan masyarakat.

Lingkungan RW II, yang mencakup Jalan Pilau dan sekitarnya, akan menjadi perwakilan Kelurahan Panarung. Lomba ini mengevaluasi sejumlah aspek penting untuk menentukan kampung terbaik.

Salah satu aspeknya yaitu, Pemberdayaan Masyarakat (15%), yang menilai sejauh mana kelurahan mampu memberdayakan masyarakat melalui berbagai program. Konservasi dan (15%), menilai upaya konservasi sumber daya alam dan penggunaan energi berkelanjutan.

Selanjutnya, Pengelolaan Persampahan (35%), fokus pada pengelolaan yang efektif, termasuk pengurangan, pemilahan, dan daur ulang. Pengelolaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) (25%), pengelolaan dan pemeliharaan ruang terbuka hijau yang memberikan manfaat ekologis dan rekreasi.

Kemudian, inovasi Pengelolaan Lingkungan Hidup (LH) (10%), kreativitas dan inovasi dalam pengelolaan lingkungan hidup yang dapat menjadi contoh bagi wilayah lain.

, , optimis terhadap partisipasi kelurahannya dalam lomba ini. Ia menegaskan bahwa persiapan yang matang dan menyeluruh akan dilakukan untuk memastikan Kelurahan Panarung tampil maksimal.

“Kami sangat bersemangat mengikuti Lomba Kampung Bersinar 2024. Ini adalah peluang emas bagi kami untuk memamerkan berbagai program dan inisiatif yang telah kami jalankan. Kami akan mempersiapkan semuanya dengan sebaik mungkin, melibatkan semua elemen masyarakat dan pihak terkait,” kata Evi Kahayanti, Kamis (4/7/2024).

Evi juga menambahkan bahwa berbagai program unggulan di Kelurahan Panarung akan menjadi andalan dalam penilaian lomba ini. Program-program tersebut antara lain pengelolaan bank sampah, taman edukasi lingkungan, serta kampanye energi bersih yang melibatkan warga secara aktif.

Dengan persiapan yang dilakukan, Evi berharap Kelurahan Panarung dapat memberikan yang terbaik dalam Lomba Kampung Bersinar 2024.

“Partisipasi aktif dari warga juga diharapkan dapat menciptakan kebersamaan dan solidaritas dalam mewujudkan lingkungan yang bersih, hijau, dan berkelanjutan,” ujarnya.

“Kerjasama dan partisipasi aktif dari seluruh warga sangat penting. Kami berharap lomba ini dapat memotivasi semua pihak untuk terus berinovasi dan bekerja sama dalam menjaga dan meningkatkan kualitas lingkungan di Kelurahan Panarung,” tutup Evi. (asp)