Penyangga IKN, Pemko Palangka Raya Diminta Perkuat Dukungan Bagi Petani

Ketua Komisi B DPRD Palangka Raya, Nenie Adriati Lambung (ist)

BALANGANEWS, Ketua Komisi B Palangka Raya, Nenie Adriati Lambung, menekankan pentingnya persiapan menyeluruh dari Pemerintah Kota (Pemko) untuk menjadikan Palangka Raya sebagai kota penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN).

Salah satu langkah krusial yang disoroti Nenie adalah pembinaan intensif bagi para , yang menurutnya harus menjadi fokus perhatian pemerintah setempat.

Nenie menyatakan, bahwa dukungan pemerintah kota melalui program pemberdayaan petani sangat dibutuhkan, termasuk pengenalan modern untuk meningkatkan produktivitas mereka.

“Pentingnya sektor pertanian sebagai pilar utama dalam pemulihan daerah dan menjadi landasan utama dalam upaya pembinaan petani di Palangka Raya,” ucapnya, Senin (8/7/2024).

Wilayah seperti Kelurahan Tanjung Pinang, , telah berkembang menjadi pusat aktivitas pertanian sayur-mayur dan buah-buahan, yang membantu mengurangi ketergantungan pada pasokan dari luar provinsi.

Legislator dari PDIP ini menegaskan, bahwa keberhasilan petani tidak hanya terletak pada hasil saat ini, tetapi juga pada kemampuan mereka untuk beradaptasi dan berkembang.

“Peran serta pemerintah daerah menjadi kunci dalam memberikan dukungan dan fasilitas yang dibutuhkan untuk pertumbuhan petani di Palangka Raya,” pungkasnya. (asp)