Diskominfo-BPS Kalteng Siap Kolaborasi dalam Sistem Statistik Nasional

Kepala Diskominfosantik Provinsi Kalteng, Agus Siswadi saat menerima kunjungan kerja Kepala BPS Provinsi Kalteng, Agnes Widiastuti beserta jajaran (Foto: MMC Kalteng)

, – Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik (Diskominfosantik) Provinsi Kalimantan Tengah () menyambut kunjungan kerja Kepala Badan Pusat Statistik () Provinsi Kalteng, Agnes Widiastuti, beserta jajaran di ruang kerja Kepala Diskominfosantik Kalteng, Agus Siswadi, pada Senin (8/7/2024).

Pertemuan tersebut bertujuan untuk menjalin kerjasama dalam Kolaborasi Sistem Statistik .

Kepala , Agnes Widiastuti meminta dukungan dari Diskominfosantik terkait surat dari Deputi Bidang Metodologi dan Informasi Statistik Nomor B67/03000/PS.200/2024 tanggal 3 Juni 2024, yang mengundang BPS Provinsi Kalteng untuk berpartisipasi dalam Kolaborasi Sistem Statistik Nasional.

“Kegiatan ini akan dilaksanakan selama dua hari, yakni Rabu dan Kamis, 10-11 Juli 2024, di The Stones Hotel-Legian Bali, dengan mekanisme cost-sharing antara BPS sebagai penyelenggara dan Dinas yang menangani urusan statistik (walidata) tingkat provinsi,” jelas Agnes.

Dari Diskominfosantik Provinsi Kalteng, yang diundang sebagai peserta adalah Plt. Kepala Seksi Pengelolaan Statistik dan Sistem Informasi, Charly L. Illem, dan Pranata Komputer Ahli Madya, Ari Gunadi Palilu.

Selama kegiatan, akan ada diskusi panel dengan narasumber dari berbagai kementerian, termasuk Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PANRB, Kementerian Komunikasi dan Informasi, dan Kementerian PPN/.

Panel akan membahas topik-topik seperti pemanfaatan data statistik sektoral pada e-Walidata Sistem Informasi Daerah (SIPD), tata kelola data berbasis arsitektur SPBE, kebijakan penerapan interoperabilitas data statistik di tingkat daerah, dan perkembangan penyelenggaraan Satu Data Indonesia di tingkat daerah.

Selain itu, Direktur Diseminasi Statistik dan Deepa Wright (ABS Strategic Partnership Manager, Data Strategy – Statistics Indonesia) akan memberikan wawasan mengenai Penguatan Penyelenggaraan Statistik Sektoral pada Pemerintah Daerah dan Data Stewardship and The National Statistical System in Australia.

Diskusi panel juga akan melibatkan Kepala Bappeda Provinsi Bali dan Kepala Diskominfo Provinsi Bali, yang akan membahas penyelenggaraan Forum Satu Data Bali dan penyediaan data statistik sektoral di tingkat provinsi.

Rangkaian acara akan ditutup dengan penandatanganan komitmen bersama terkait penyediaan data statistik sektoral yang berkualitas.

Kepala Diskominfosantik Kalteng, Agus Siswadi, menegaskan komitmennya untuk mendukung urusan statistik sektoral.

“Kami berkomitmen mendukung pelaksanaan fungsi menyusun, mengolah, dan mengumpulkan metadata sektoral untuk memastikan keakuratan data statistik, sehingga data yang disusun dan dikumpulkan dapat dipertanggungjawabkan,” ungkap Agus. (asp)