UKM Pilar Utama Pembangunan Ekonomi Daerah

Anggota DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng), Duwel Rawing

, – Anggota Kalimantan Tengah (), Duwel Rawing, menegaskan bahwa kesejahteraan Usaha Kecil Menengah (UKM) merupakan salah satu pilar utama dalam memajukan pembangunan daerah.

Menurutnya, UKM memiliki peran krusial dalam perekonomian suatu negara atau daerah.

“UKM memiliki peran yang sangat penting dalam perekonomian suatu negara atau daerah. Sebagai sektor yang menyerap tenaga kerja besar, UKM memiliki potensi besar dalam menciptakan lapangan kerja, meningkatkan pendapatan masyarakat, dan mendukung pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan,” ujar Duwel Rawing, Rabu (10/7/2024).

Ia menambahkan, bahwa peningkatan kesejahteraan UKM akan berdampak positif pada kesejahteraan masyarakat secara luas. Dengan fokus pada pengembangan dan pemberdayaan UKM, dapat tercipta usaha yang kondusif, akses pasar yang lebih luas, serta peningkatan daya saing produk-produk lokal.

Lebih lanjut, Legislator ini menambahkan, memperkuat sektor UKM juga berpengaruh pada distribusi pendapatan yang lebih merata, mengurangi disparitas ekonomi antara wilayah perkotaan dan pedesaan, serta mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif.

“UKM bukan hanya memberikan manfaat ekonomi, tetapi juga berkontribusi pada pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh,” jelasnya.

Selain itu, Duwel Rawing menekankan bahwa dukungan yang kuat dari pemerintah daerah, lembaga terkait, dan seluruh elemen masyarakat akan menjadi kunci keberhasilan dalam memajukan sektor UKM.

“Ini akan menjadi salah satu pilar utama dalam memajukan ekonomi Kalimantan Tengah menuju arah yang lebih baik dan berkelanjutan,” pungkasnya. (asp)