Terpilih Jadi Ketua PWI Kalteng, M. Zainal Komitmen Majukan Dunia Jurnalistik di Kalteng

M. Zainal saat menyampaikan sambutannya pada Pembukaan Konferensi PWI Kalteng, di Aula Jayang Tingang (AJT) Kantor Gubernur setempat, Sabtu (14/7/2024)

, – Muhammad Zainal terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Persatuan Wartawan Indonesia () Provinsi Kalimantan Tengah () periode 2024-2029 pada Konferensi , di Aula Jayang Tingang (AJT) Kantor Gubernur setempat, Sabtu (14/7/2024).

Sebagai Ketua terpilih, menekankan pentingnya peran sebagai lembaga penyampai informasi. Ia juga berkomitmen untuk memperkuat PWI Kalteng dalam memajukan dunia jurnalistik di daerah.

Zainal menyoroti perlunya kecermatan dan kritik yang lebih baik dalam pelaporan, terutama dalam hubungan dengan pemerintah.

“Dalam hal ini, PWI Kalteng harus memastikan bahwa jurnalis dan perusahaan pers tetap berpedoman pada kode etik yang telah ditentukan,” sebutnya.

M. Zainal juga menekankan bahwa setiap jurnalis harus memiliki kompetensi yang baik agar dapat menyajikan informasi yang akurat dan sesuai fakta. Menurutnya, media memiliki pengaruh besar terhadap publik, sehingga penting untuk menjaga agar tidak menimbulkan salah tafsir atau keresahan pada masyarakat.

PWI Kalteng memiliki 288 anggota yang berhak memberikan suara dalam pemilihan ketua. M. Zainal mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepadanya dan berjanji untuk membawa PWI Kalteng lebih maju ke depannya.

Ia berharap PWI Kalteng dapat memainkan perannya dengan baik sebagai lembaga pers yang objektif dan kredibel dalam menyajikan informasi yang benar dan adil.

“Dalam kondisi politik yang semakin panas, peran media dituntut untuk membawa informasi yang akurat dan kritis bagi masyarakat,” pungkasnya. (asp)