Pemprov Kalteng Gelar Seni Budaya Angkat Tema Apresiasi Karya Seni Pelajar

Foto bersama pada Pembukaan Gelar Seni Budaya yang mengangkat tema Apresiasi Karya Seni Pelajar, di UPT Taman Budaya Kalteng, Jalan Temanggung Tilung, Palangka Raya

BALANGANEWS, – Asisten Perekonomian dan (Ekbang) Setda Provinsi Kalimantan Tengah (), Sri Widanarni, membuka kegiatan Gelar Seni Budaya, yang digelar di Panggung Terbuka UPT Taman Budaya Kalteng, Jumat (12/7/2024) malam.

Acara ini menampilkan atraksi dari berbagai sanggar seni, antara lain Sanggar Sangiang Bohombit , Sanggar Seni Budaya Al-Ghazali Palangka Raya, Sanggar Seni SMP Negeri 2 Palangka Raya, Sanggar Tingang Pahunjung Tarung , SLB Negeri 1 Palangka Raya, dan KAALILLAA Production.

Saat membacakan sambutan tertulis dari Gubernur , Sri menyatakan pentingnya peran serta semua pihak, baik pemerintah, masyarakat, maupun penggiat seni dan budaya, dalam mempertahankan eksistensi bangsa.

“Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah berkomitmen untuk memberikan perhatian yang besar terhadap pembinaan dan pengembangan seni budaya daerah, yang merupakan bagian integral dari kebudayaan nasional,” ujarnya.

Sri berharap kegiatan ini dapat menginspirasi dan memberikan motivasi bagi pengelola sanggar seni untuk lebih aktif dalam membangun dan meningkatkan kreativitas seni budaya di Kalteng. Hal ini diharapkan dapat menarik minat wisatawan, baik dari dalam negeri maupun mancanegara, untuk mengunjungi Kalteng.

“Semoga kegiatan ini mendorong dinamisasi seni yang lebih bermakna, sehingga dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam pembangunan daerah dan dalam pengembangan kreatif, dengan menempatkan seni sebagai salah satu pilar utama,” tambahnya.

Kepala UPT Taman Budaya, Wildae D. Binti, dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan Gelar Seni Budaya bulan Juli ini mengangkat tema “Apresiasi Karya Seni Pelajar”.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melestarikan dan mencintai kebudayaan Kalteng serta memberikan penghargaan kepada pelaku seni yang berasal dari kalangan pelajar,” katanya.

Selain panggung seni, kegiatan ini juga mencakup Pameran Seni yang berlangsung selama empat hari, dari tanggal 12 hingga 16 Juli 2024, di Gedung Galeri UPT Taman Budaya Kalteng.

Pada Minggu (14/7/2024), akan diadakan lomba mewarnai untuk TK dan SD, serta lomba melukis untuk SMP dan SMA sebagai rangkaian acara yang menarik untuk masyarakat Kalteng. (asp)