Binuang Muda dan Vasco Lamandau Lolos Delapan Besar LFN di Kalteng

BALANGANEWS, PALANGKA RAYA – Kompetisi resmi Liga Nusantara (LFN) Babak 36 Nasional yang digelar di Kalimantan Tengah telah sukses dilaksanakan. Acara yang berlangsung di GOR Indoor, km 5 Palangka Raya, pada 7-12 Juli 2024, diikuti oleh klub-klub dari berbagai provinsi.

Dalam kategori putra, lima tim yang bertanding, yakni Orienity FC dari Sulawesi Tengah, Binuang Muda dari , AFK Surakarta dari Jawa Tengah, FC Arsekon dari Kalimantan Barat, dan Vasco Lesmana dari Kalimantan Tengah.

Untuk kategori putri, tiga tim yang bertanding adalah Fafage Female dari Kalimantan Selatan, FC Junior dari Kalimantan Barat, dan Vasco Lesmana Lamandau dari Kalimantan Tengah.

Hasil akhir kompetisi menyatakan bahwa untuk kategori putra, Binuang Muda menjadi juara grup, sedangkan Vasco Lesmana Lamandau menjadi runner-up. Kedua tim ini berhak melaju ke babak delapan besar di Djogja pada bulan Agustus 2024.

Sementara itu, untuk kategori putri, FC Junior lolos ke babak empat besar menuju Liga Profesional Futsal Women.

Ketua , , mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dan pecinta futsal atas dukungan dan semangat yang diberikan, sehingga acara berjalan lancar, aman, dan sukses.

“Syukur kepada Tuhan, kompetisi Liga Futsal Nusantara babak 36 nasional yang dipercayakan kepada Kalteng sebagai tuan rumah berjalan lancar dan sukses. Terima kasih banyak. Ini berkat dukungan semua masyarakat dan pecinta futsal, baik yang menonton langsung atau melalui live streaming di YouTube AFP Kalteng, dari berbagai kalangan dan seluruh Nusantara,” ujar Sutoyo, Senin (15/7/2024).

Sutoyo, yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas DPMPTSP Kalteng, menegaskan bahwa dengan semangat Liga Futsal Nusantara ini, diharapkan semakin banyak kompetisi usia dini yang digelar, serta peningkatan pembinaan usia dini di berbagai daerah di Kalteng untuk membangkitkan olahraga, terutama futsal.

“Kami fokus ke depan untuk anak usia dini, meningkatkan kompetisi dan pembinaan. Harapan kami, semua cabang olahraga, termasuk futsal, dapat lebih baik sehingga bisa masuk ke tahun 2028. Perangkat wasit sudah mumpuni dan bagus, pelatih juga banyak yang memiliki lisensi sehingga dapat mengembangkan futsal,” tambahnya.

Sutoyo juga menyampaikan bahwa AFP Kalteng akan terus mendorong AFK Kabupaten/Kota untuk meningkatkan kompetisi usia dini, mulai dari SMP, SMA, mahasiswa, hingga masyarakat umum, guna mempercepat perkembangan futsal di Kalteng dan mencapai hasil maksimal di kancah nasional.

“Dengan semangat rekan-rekan AFK Kabupaten/Kota, tentunya ini menambah daya semangat untuk membangkitkan futsal. Kompetisi di kalangan pelajar harus terus ditingkatkan agar futsal di Kalteng semakin baik. Program futsal secara bertahap terus berkembang dengan baik, dan kami akan terus mendorong dan memperkuatnya. Sekali lagi, terima kasih kepada Pemprov Kalteng, KONI, pecinta futsal, dan masyarakat,” tutup Sutoyo.

Dari hasil kompetisi tersebut, Binuang Muda Kalsel menyapu bersih kemenangan, sementara Vasco Lamandau Kalteng mencatatkan sekali kalah, sekali imbang, dan dua kali menang, sehingga berhak mendapatkan tiket lolos ke delapan besar berkat selisih gol dari Surakarta, Jateng.

Sedangkan FC Junior Kalbar berhasil menang telak atas Kalteng dan imbang melawan Kalsel. (asp)