Kejati Kalteng Gelar Upacara Peringati Hari Bhakti Adhyaksa ke-64

, PALANGKA RAYA Tinggi Kalimantan Tengah (Kejati ) menggelar upacara peringatan Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-64 Tahun 2024 di Kantor Kejati setempat, Senin (22/7/2024).

Tema Hari Adhyaksa tahun ini adalah Akselerasi Kejaksaan Untuk Mewujudkan Penegakan Modern Menuju Indonesia Emas.

Upacara dipimpin oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Kalteng, Undang Mugopal, yang bertindak sebagai inspektur upacara. Dalam amanat Jaksa Agung RI, ST Burhanuddin, yang dibacakan oleh Undang Mugopal, dijelaskan bahwa tema HBA tahun ini merupakan kristalisasi visi pemerintah untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045.

“Indonesia harus bermetamorfosis menjadi negara maju dengan kualitas manusia unggul, menguasai ilmu pengetahuan dan , kesejahteraan rakyat yang lebih baik dan merata, serta ketahanan dan tata kelola yang kuat dan berwibawa,” ujarnya.

Jaksa Agung juga menegaskan bahwa salah satu fondasi pemerintahan yang kuat dan berwibawa adalah penegakan hukum yang pasti dan mampu mewujudkan keadilan substansial.

“Kejaksaan sebagai lembaga penegak hukum yang strategis harus menjalankan tugas, fungsi, dan wewenangnya secara profesional, proporsional, dan tuntas di bidang Pidana, Perdata, Tata Usaha Negara, dan Intelijen,” tambahnya.

Upacara tersebut diikuti oleh Wakajati Kalteng, M. Sunarto, Ketua IAD Wilayah Kalteng, Dessy Undang Mugopal, pejabat utama , seluruh pegawai Kejati Kalteng, serta Kajari Palangka Raya dan jajaran.

Setelah upacara, acara dilanjutkan dengan syukuran memperingati HBA ke-64 yang diwarnai dengan pemotongan nasi tumpeng dan kue ulang tahun.

Acara syukuran berlangsung sederhana namun penuh makna. Nasi tumpeng yang disuguhkan dipotong dan diberikan kepada pegawai tertua dan termuda sebagai simbol penghargaan dan rasa syukur. (asp)