Ketua Mahkamah Gerindra: Dukungan Kepada Agustiar Sudah Final

Ketua Mahkamah Partai Gerindra, Habiburokhman (Foto: Gerindra)

, – Dukungan Ketua Umum Partai , Prabowo Subianto dan Partai Gerindra kepada H. Agustiar sebagai calon Kalimantan Tengah (Kalteng) sudah final.

Hal tersebut ditegaskan oleh Ketua Mahkamah Partai Gerindra, Habiburokhman, sebagai respons terhadap demonstrasi yang dilakukan oleh kader Gerindra Kalteng, di kantor DPD setempat, Sabtu (27/7/2024).

“Keputusan ini adalah keputusan yang final dan harus dipatuhi oleh seluruh kader. Mahkamah Partai Gerindra akan memanggil dan menindak pengurus yang menolak pencalonan Agustiar sebagai Cagub Kalimantan Tengah dari Partai Gerindra,” ujar Habiburokhman dalam keterangan resminya, Sabtu (27/7/2024).

Dia menjelaskan bahwa pencalonan Agustiar telah melalui proses yang matang dan mendapat dukungan penuh dari Ketua Umum Prabowo Subianto.

“Dukungan dari Pak Prabowo sudah bulat dan final. Seluruh kader Gerindra harus all out memenangkan Agustiar dalam Kalimantan Tengah,” tambah Habiburokhman.

Lebih lanjut, Habiburokhman menegaskan, bahwa Partai Gerindra tidak akan menoleransi upaya sabotase dari dalam partai.

“Kami akan menindak tegas apabila ada oknum kader yang memboikot pencalonan Agustiar. Ini adalah momen penting bagi Gerindra di Kalimantan Tengah, dan semua kader harus bersatu,” imbuhnya.

Sebelumnya, sejumlah kader bersama simpatisan menggelar aksi demonstrasi di halaman kantor mereka sendiri di Jalan Sethadji, Palangka Raya.

Mereka menyuarakan ketidaksetujuan terhadap pencalonan Agustiar dan menuntut agar pencalonan kepala daerah berasal dari kader Partai Gerindra.

Menanggapi aksi tersebut, Habiburokhman menegaskan bahwa semua kader harus menghormati dan mendukung keputusan partai.

“Kami mengerti ada perbedaan pendapat, tetapi dalam sebuah organisasi, keputusan akhir harus dihormati dan dijalankan bersama. Kami berharap seluruh kader dapat bersatu padu untuk memenangkan Agustiar,” ujarnya.

Diketahui, Christian Sancho, yang merupakan koordinator aksi, adalah politisi baru di Gerindra Kalteng. Ia bersama kader dan simpatisan Partai Gerindra meminta agar pencalonan kepala daerah harus berasal dari kader Partai Gerindra.

Keputusan DPP Partai Gerindra untuk mengusung Agustiar Sabran sebagai dan Edy Pratowo sebagai calon Wakil Gubernur telah diumumkan oleh Sekretaris Jenderal Gerindra, Ahmad Muzani, Senin (22/7/2024) lalu.

Ketua Tim Penjaringan Pilkada , Endang Susilawatie, usai aksi demonstrasi menjelaskan bahwa pendaftaran calon gubernur, wakil gubernur, bupati, dan wali kota di Kalteng telah dibuka secara umum.

“Tuntutan dari beberapa kader adalah hal yang biasa dalam politik dan akan kami sampaikan ke DPP Partai Gerindra,” kata Endang.

Endang menegaskan, bahwa pihaknya akan patuh terhadap keputusan DPP. “Kami menyerahkan keputusan ini kepada DPP Partai Gerindra dan akan tunduk pada apapun yang menjadi keputusan DPP,” demikian Endang. (asp)