Coklit Tahap Finishing, KPU Kalteng Siap Umumkan DPS

KPU Kalteng saat menggelar sosialisasi tahapan pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng 2024 mengundang seluruh elemen masyarakat di Palangka Raya, Senin (29/7/2024)

, – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Tengah (), Sastriadi, mengumumkan bahwa tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) untuk pemilihan dan Wakil Gubernur Kalteng tahun 2024 telah selesai pada 24 Juli 2024.

Hal tersebut disampaikan Sastriadi dalam sambutannya saat kegiatan sosialisasi tahapan pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng 2024, di Bahalap Hotel Palangka Raya, Senin (29/7/2024).

Ia menyebutkan, bahwa saat ini proses coklit sudah memasuki tahap akhir atau finishing yang dilakukan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS), Panitia Pemilihan Kecamatan (), serta KPU Kabupaten dan Kota.

“Saat ini tinggal finishing dari Panitia Pemungutan Suara (PPS), PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan), dan KPU Kabupaten dan Kota,” ujar Sastriadi.

Ia menjelaskan bahwa hasil dari proses coklit akan dijadikan sebagai Daftar Pemilih Sementara (DPS). DPS ini nantinya akan diumumkan kepada masyarakat untuk mendapatkan masukan dan tanggapan.

“Selanjutnya nanti diumumkan kepada masyarakat untuk mendapat masukan dan tanggapan. Setelah DPS sudah ditetapkan, akan semakin jelas berapa jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan berapa jumlah pemilih yang terdaftar,” tambahnya.

Proses ini merupakan langkah penting dalam memastikan keakuratan data pemilih dan kesiapan menjelang pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng 2024.

Proses ini diharapkan dapat berjalan lancar dan tepat waktu, demi kelancaran penyelenggaraan Kalteng 2024. (asp)